RESPON PENDENGAR RADIO TERHADAP KEWAJIBAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA (ANALISIS DRAMA “CAHAYA DI LANGIT ITU” DI RADIO RETJO BUNTUNG FM)

FARIS FAIZUL AZIZ, NIM. 13210004 (2017) RESPON PENDENGAR RADIO TERHADAP KEWAJIBAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA (ANALISIS DRAMA “CAHAYA DI LANGIT ITU” DI RADIO RETJO BUNTUNG FM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON PENDENGAR RADIO TERHADAP KEWAJIBAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA (ANALISIS DRAMA “CAHAYA DI LANGIT ITU” DI RADIO RETJO BUNTUNG FM))
13210004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RESPON PENDENGAR RADIO TERHADAP KEWAJIBAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA (ANALISIS DRAMA “CAHAYA DI LANGIT ITU” DI RADIO RETJO BUNTUNG FM))
13210004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tugas perempuan dalam keluarga dapat dimaknai sangat luas. Perempuan dapat menyandang status sebagai ibu, anak, istri, nenek bahkan cucu. Namun dalam penelitian ini mengambil dua peran penting dalam keluarga yang dianggap berpengaruh besar. Peran yang diambil adalah ibu dan istri, dimana kewajiban yang krusial dalam tatanan keluarga terusung di dalam dua peran tersebut. Maka peneliti merealisasikan dengan karya tulis skripsi yang berjudul Penulis memilih judul Respon Pendengar Radio Terhadap Kewajiban Perempuan dalam Keluarga(Analisis Drama “Cahaya Di Langit Itu” di Radio Retjo Buntung FM). Melihat dari banyaknya pendengar acara drama radio Kisah Religi dan periode “Cahaya Di Langit Itu” masih tergolong kisah baru, peneliti ingin membahas respon dari pendengar radio. Penelitian ini menganalisa posisi pendengar menurut decoding. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif interaktif. Peneliti menggunakan teori komunikasi bagian dari Culture Studies yaitu teori respon pendengar, decoding yang dikemukakan oleh Stuart Hall dan teori kewajiban perempuan dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini bisa dikatakan merupakan pendekatan yang tidak melibatkan perhitungan. Maka penelitian ini diwujudkan bukan berupa angka melainkan kata-kata. Penelitian Kualitatif menjelaskan fenomena sosial melalui pengumpulan data. Penelitian ini akan menjelaskan secara rinci menggunakan analisis-deskriptif interaktif milik Miles & Huberman. Setelah meneliti posisi pendengar melalui teori Cultural Studies yang berfokus pada area decoding. Penelitian ini mencapai hasil bahwa pendengar Drama Kisah Religi “Cahaya Di Langit Itu” memiliki dua macam respon yang muncul. Pendengar merespon cukup baik terhadap acara dan tokoh protagonis. Sebaliknya, respon buruk dan perasaan tidak suka diberikan kepada tokoh antagonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khoiro Ummatin, S. Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Decoding, Kewajiban Perempuan, Retjo Buntung FM
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Apr 2018 15:03
Last Modified: 20 Apr 2018 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29880

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum