STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI (STUDI KASUS PERUBAHAN STATUS SEKOLAH DARI MADRASAHALIYAH MENJADI MADRASAH ALIYAH KETERAMPILAN AL IRSYAD KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK)

RATNA SARI, NIM. 14240012 (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI (STUDI KASUS PERUBAHAN STATUS SEKOLAH DARI MADRASAHALIYAH MENJADI MADRASAH ALIYAH KETERAMPILAN AL IRSYAD KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI (STUDI KASUS PERUBAHAN STATUS SEKOLAH DARI MADRASAHALIYAH MENJADI MADRASAH ALIYAH KETERAMPILAN AL IRSYAD KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK))
14240012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (30MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI (STUDI KASUS PERUBAHAN STATUS SEKOLAH DARI MADRASAHALIYAH MENJADI MADRASAH ALIYAH KETERAMPILAN AL IRSYAD KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK))
14240012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Ratna Sari (14240012). "Strategi Pengembangan Organisasi (Studi Kasus Perubahan Status Sekolah dari Madrasah Aliyah menjadi Madrasah Aliyah Keterampilan Al Irsyad Kecamatan Gajah Kabupaten Demak)." MAK Al Irsyad Kecamatan Gajah Kabupaten Demak merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan Al Irsyad Al Mubarok. Proses pembuatan strategi menyebabkan MAK Al Irsyad dapat berkembang hingga saat ini. strategi adalah sebagai proses formulasi dan implementasi rencana, dan kegiatan terkait hal-hal vital, penting, pervasif, berkesinambungan bagi suatu organisasi secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi pengembangan organisasi dalam perubahan status sekolah dari MA menjadi MAK Al Irsyad Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan reduksi, penyajian data dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyusun strategi menggunakan analisis SWOT. Dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui tantangan yang ada untuk dijadikan sebuah peluang. Dengan menggunakan analisis SWOT dalam menyusun strategi maka MAK Al Irsyad mampu berkembang hingga saat ini. Hasil analisis posisi MAK Al Irsyad pada kuadran I, maka strategi yang bisa diambil adalah strategi SO (Strenghts- Opportunities). Dilihat dari posisi dan strategi yang diambil menunjukkan bahwa MAK Al Irsyad kuat dan berpeluang, maka rekomendasi yang diberikan bersifat progresif, artinya lembaga dalam kondisi stabil dan sehat sehingga sangat memungkinkan untuk terus melakukan perkembangan potensi yang dimilikidalam menyusun strategi maka MAK Al Irsyad mampu berkembanag hingga saat ini. Proses pembuatan strategi MAK Al Irsyad yaitu mengartikulasikan visi dan misi, merumuskan tujuan, menyusun strategi, implementasi dan eksekusi strategi dan evaluasi kinerja. Banyak faktor yang mempengaruhi dalam pengembangan organisasi baik faktor lingkungan maupun faktor organisasi. Faktor yang mempengaruhi pengembangan organisasi di MAK Al Irsyad ditinjau dari faktor lingkungan diantaranya tantangan utama di masa depan, perubahan dalam konfigurasi ketenagakerjaan, peningkatan bidang ditingkat pendidik para pekerja, revolusi dibidang teknologi, perkembangan perekonomian, berbagai kecenderungan sosial, persaingan dan pelestarian lingkungan. sedangkan ditinjau dari faktor organisasi yaitu perubahan peranan dan tujuan organisasi, membesarnya kompleksitas organisasi dan tujuan organisasi menjadi kompleks dan sukar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Achmad Muhammad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan Organisasi
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 23 Apr 2018 01:41
Last Modified: 23 Apr 2018 01:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29882

Actions (login required)

View Item View Item