STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERBASIS EKONOMI KREATIF DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS HADI SUKIRNO LEATHER WORK AND HANDYCRAFT) TAHUN 2017

DEVI CHAIRIZA HADI, NIM. 14240020 (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERBASIS EKONOMI KREATIF DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS HADI SUKIRNO LEATHER WORK AND HANDYCRAFT) TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERBASIS EKONOMI KREATIF DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS HADI SUKIRNO LEATHER WORK AND HANDYCRAFT) TAHUN 2017)
14240020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH BERBASIS EKONOMI KREATIF DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS HADI SUKIRNO LEATHER WORK AND HANDYCRAFT) TAHUN 2017)
14240020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Devi Chairiza Hadi, 14240020, Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif di Yogyakarta (Studi Kasus Hadi Sukirno Leather Work and Handycraft Tahun 2017, Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah UMKM di Yogyakarta semakin meningkat, persaingan semakin ketat, dan teknologi semakin berkembang, sedangkan ekonomi kreatif di Indonesia memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan. Ekonomi kreatif dapat digunakan untuk mempertahankan usaha dengan cara menciptakan inovasi dan kreasi atas produk yang dipasarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif di Hadi Sukirno Leather Work and Handycraft. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mengkaji strategi yang dilakukan oleh Hadi Sukirno Leather Work and Handycraft dalam mengembangkan UKM berbasis ekonomi kreatif. Kedua, mendeskripsikan hasil yang dicapai dari pengembangan UKM berbasis ekonomi kreatif oleh Hadi Sukirno Leather Work and Handycraft. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi yang akan dianalisis. Triangulasi yang digunakan adalah triangulias sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah Hadi Sukirno Leather Work and Handycraft menerapkan beberapa strategi untuk mengembangkan usahanya. Strategi pengembangan tersebut meliputi pengembangan sistem yang merupakan temuan baru dalam penelitian ini dengan melakukan briefing setiap pagi, pengembangan teknologi juga merupakan temuan baru dalam penelitian ini dengan menerapkan sistem digitalisasi dengan menggunakan google project, strategi produk dengan memberikan inovasi dan kreasi dari setiap produk Hadi Sukirno Leather Work and Handycraft, strategi promosi dengan menggunakan personal selling dan media online yaitu website, FBS, google net, strategi penjualan dengan melakukan open reseller, dan strategi distribusi dengan menggunakan kurir dari Hadi Sukirno Leather Work and Handycraft.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Ekonomi Kreatif
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 23 Apr 2018 05:59
Last Modified: 23 Apr 2018 05:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29886

Actions (login required)

View Item View Item