RESPON GELANDANGAN DAN PENGEMIS TERHADAP PERATURAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NO. 1 TAHUN 2014 TENTANG PENANGANAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS (STUDI DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA) SKRIPSI

Wahyu Widyananto, NIM : 12250113 (2017) RESPON GELANDANGAN DAN PENGEMIS TERHADAP PERATURAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NO. 1 TAHUN 2014 TENTANG PENANGANAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS (STUDI DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA) SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RESPON GELANDANGAN DAN PENGEMIS TERHADAP PERATURAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NO. 1 TAHUN 2014 TENTANG PENANGANAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS (STUDI DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA) SKRIPSI)
12250113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (RESPON GELANDANGAN DAN PENGEMIS TERHADAP PERATURAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NO. 1 TAHUN 2014 TENTANG PENANGANAN GELANDANGAN DAN PENGEMIS (STUDI DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS YOGYAKARTA) SKRIPSI)
12250113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon gelandangan dan pengemis terhadap Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta No 1 Tahun 2014 Tentang Penanganan Gelandangan dan Pengemis. Latar belakang peneliti tertarik untuk meneliti kasus ini dikarenakan ingin mengetahui bagaimana respon gelandangan dan pengemis terhadap kebijakan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang menginginkan kotanya bebas dari masalah sosial gepeng dan ingin membuat wisatawan nyaman saat berkunjung ke Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek dari penelitian ini adalah 7 orang (gelandangan dan pengemis), 1 pekerja sosial, dan 2 staff panti. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan untuk analisa data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa respon gelandangan dan pengemis di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Yogyakarta terhadap Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta No 1 Tahun 2014 Tentang Penanganan Gelandangan dan Pengemis berbeda-beda. Respon tersebut dibagi menjadi 3 bagian yaitu: respon kognitif (pengetahuan) dari gepeng tentang adanya Peraturan tersebut, respon afektif (sikap) dari gepeng tentang peraturan tersebut, dan respon behavioral (tindakan) yang dilakukan gepeng setelah adanya Peraturan Daeerah Istimewa Yogyakarta No. 1 Tahun 2014 Tentang Penanganan Gelandangan dan Pengemis. Dari keseluruhan ketiga respon tersebut membentuk dua respon negatif dan positif. Respon negatifnya gelandangan dan pengemis menolak kebijakan tersebut dan tetap melakukan aktifitasnya di jalanan. Sedangkan respon positifnya gelandangan dan pengemis menyetujuinya dengan catatan mereka diberikan pekerjaan untuk menghidupi kebutuhan hidupnya. Kata Kunci: Respon Gelandangan dan Pengemis, Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta No 1 Tahun 2014 Tentang Penanganan Gelandangan dan Pengemis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Respon Gelandangan dan Pengemis, Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta No 1 Tahun 2014 Tentang Penanganan Gelandangan dan Pengemis.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sofwan , S.Sos.
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:21
Last Modified: 26 Apr 2018 02:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29895

Actions (login required)

View Item View Item