IMPLEMENTASI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SLEMAN

MERTA SILVIA FITRIANA, NIM. 14240060 (2018) IMPLEMENTASI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SLEMAN)
14240060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SLEMAN)
14240060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Merta Silvia Fitriana (14240060), Implementasi Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kompetensi Guru di SMK Muhammadiyah 2 Sleman, skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Peningkatan kompetensi kerja sumber daya manusia dalam sebuah lembaga sangat berperan penting dalam mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Sebagaimana SMK Muhammadiyah 2 Sleman sebagai lembaga pendidikan yang dimiliki oleh Muhammadiyah, sangat menekankan pada peningkatan kompetensi yang sudah dimiliki oleh setiap guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk mencapai hal tersebut, maka diadakannya program pelatihan bagi seluruh guru yang ada di SMK Muhammadiyah 2 Sleman, baik itu secara internal maupun eksternal. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggambarkan dan menjelaskan dari hasil penelitian sesuai dengan apa yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru serta siswa kelas X dan XI. Sedangkan obyek penelitian ini adalah penerapan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang ada di SMK Muhammadiyah 2 Sleman. Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang diterapkan oleh SMK Muhammadiyah 2 Sleman diawali dengan beberapa tahap yakni identifikasi kebutuhan, penetapan tujuan, penetapan metode. Selanjutnya tahap implementasi melalui program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional dan Al-Islam kemuhammadiyahan, yang secara keseluruhan ada monitoring dan evaluasi dari Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Sleman. Selain itu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan program, diantaranya faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dalam peningkatan kompetensi guru di SMK Muhammadiyah 2 Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pelatihan dan Pengembangan, Kompetensi Guru, SMK Muhammadiyah 2 Sleman
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Apr 2018 13:16
Last Modified: 23 Apr 2018 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29900

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum