PERENCANAAN DAN EVALUASI PADA PROGRAM UKHUWAH MASYARAKAT MANDIRI DAN BERTAKWA (UMMAT) DI KELOMPOK KERJA PENYULUH (POKJALUH) KEMENTERIAN AGAMA TEMANGGUNG TAHUN 2017

SAMSUDIN, NIM. 14240074 (2018) PERENCANAAN DAN EVALUASI PADA PROGRAM UKHUWAH MASYARAKAT MANDIRI DAN BERTAKWA (UMMAT) DI KELOMPOK KERJA PENYULUH (POKJALUH) KEMENTERIAN AGAMA TEMANGGUNG TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN DAN EVALUASI PADA PROGRAM UKHUWAH MASYARAKAT MANDIRI DAN BERTAKWA (UMMAT) DI KELOMPOK KERJA PENYULUH (POKJALUH) KEMENTERIAN AGAMA TEMANGGUNG TAHUN 2017)
14240074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN DAN EVALUASI PADA PROGRAM UKHUWAH MASYARAKAT MANDIRI DAN BERTAKWA (UMMAT) DI KELOMPOK KERJA PENYULUH (POKJALUH) KEMENTERIAN AGAMA TEMANGGUNG TAHUN 2017)
14240074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Samsudin (14240074), Perencanaan dan Evaluasi pada Program Ukhuwah Masyarakat Mandiri dan Bertakwa (Ummat) di Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kementerian Agama Temanggung. Skripsi, Jurusan manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan evaluasi pada program Ummat di Pokjaluh Kementerian Agama Temanggung. Karena tanpa perencanaan dan evaluasi suatu program tidak akan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Program Ummat merupakan program yang dibuat untuk menanggulangi permasalahan ekonomi dan keagamaan pada masyarakat Temanggung. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah yaitu bagaimana perencanaan dan evaluasi yang ada pada program Ummat di Pokjaluh Kementerian Agama Temanggung. Dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif, pegumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakanan analisis deskriptif melalui langkah membaca, mempelajari kata kunci, menemukan model dan koding, dengan tujuan mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan tentang Perencanaan dan Evaluasi pada Program Ummat di Pokjaluh Kementerian Agama Temanggung. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa peneliti menemukan perbedaan antara perencanaan yang ditetapkan Pokjaluh dengan apa yang dibutuhkan masyarakat, perbedaan tersebut terletak pada perencanaan Pokjaluh yang lebih mengutamakan tingkat kemiskinan daripada pemahaman agama, akan tetapi fakta di lapangan menunjukkan bahwa masyarakat lebih mementingkan pemahaman agama yang didapat daripada peminjaman modal yang diberikan. Selain itu peneliti juga menemukan hasil evaluasi Pokjaluh yang menyatakan bahwa setelah adanya program Ummat masyarakat bisa lebih disiplin dari sebelumnya, tetapi fakta di lapangan menujukkan bahwa kedisiplinan justru menjadi salah satu faktor yang belum terlaksana di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aris Risdiana, S.Sos.I., M.M.
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, evaluasi dan program Ummat
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Apr 2018 13:18
Last Modified: 23 Apr 2018 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29901

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum