MANAJEMEN FUNDRAISING DI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) YOGYAKARTA

ITA RUFIYATI, NIM. 14240079 (2018) MANAJEMEN FUNDRAISING DI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN FUNDRAISING DI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) YOGYAKARTA)
14240079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN FUNDRAISING DI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) YOGYAKARTA)
14240079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

BMH) Yogyakarta, Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemiskinan merupakan masalah yang telah lama terjadi di Indonesia, adapun peran pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan belum terlihat signifikan. Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia seharusnya sudah bisa memanfaatkan potensi zakat infaq dan sedekah. Maka disinilah peran Lembaga Pengelola Zakat sangat dibutuhkan, apabila dana zakat infaq dan sedekah ini dapat dihimpun secara maksimal maka akan membantu mengurangi jumlah kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan manajemen fundraising di Baitul Maal Hidayatullah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan dan sumber data. Bedasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa penerapan manajemen fundraising berupa perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan analisis SWOT. perencanaan dilakukan berdasarkan rapat kerja nasional, kemudian rapat kerja wilayah dan rapat kerja daerah. Metode pelaksanaan fundraising menggabungkan dua metode yaitu direct fundraising dan indirect fundraising, sedangkan pelaksanaannya dilakukan dengan tujuh cara yaitu: door to door, penjemputan donasi rutin, menjaga konsistensi donatur, kotak amal, special event, campaign, dan terakhir CSR perusahaan. Adapun evaluasi dilakukan dengan dua tahap yakni mingguan dan bulanan. Faktor pendukung kegiatan fundraising berupa kedermawanan masyarakat Yogyakarta, sedangkan faktor penghambat berasal dari internal dan eksternal lembaga. Analisis SWOT pada penelitian ini dipakai sebagai alat bantu dalam menentukan langkah-langkah strategis yang bisa diambil Baitul Maal Hidyatullah Yogyakarta dalam memaksimalkan kegiatan fundraising. Adapun strategi yang diambil adalah SO (Strenght Opportunities).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Fundraising, Analisis SWOT
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Apr 2018 13:23
Last Modified: 23 Apr 2018 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29903

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum