MOTIF DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN GADGET BAGI MAHASISWA DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KORELASI ANTARA MOTIF MENGGUNAKAN GADGET DENGAN KEPUASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA DIFABEL NETRA DAN TULI DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

NISA AZIZAH, NIM. 13210058 (2018) MOTIF DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN GADGET BAGI MAHASISWA DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KORELASI ANTARA MOTIF MENGGUNAKAN GADGET DENGAN KEPUASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA DIFABEL NETRA DAN TULI DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIF DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN GADGET BAGI MAHASISWA DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KORELASI ANTARA MOTIF MENGGUNAKAN GADGET DENGAN KEPUASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA DIFABEL NETRA DAN TULI DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
13210058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (MOTIF DAN KEPUASAN MENGGUNAKAN GADGET BAGI MAHASISWA DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KORELASI ANTARA MOTIF MENGGUNAKAN GADGET DENGAN KEPUASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA DIFABEL NETRA DAN TULI DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
13210058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena semakin cepatnya pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi yang menyebabkan cara berkomunikasi dewasa ini ikut berubah. Munculnya media praktis seperti gadget memungkinkan semua orang dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi tanpa batas ruang dan waktu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui korelasi antara motif menggunakan gadget dengan kepuasan komunikasi interpersonal mahasiswa Difabel Netra dan Tuli di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Landasan teori yang digunakan yaitu Teori Penggunaan dan Kepuasan atau Uses and Gratification dan Teori Komunikasi Interpersonal. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Difabel Netra dan Tuli berjumlah 38 orang yang berasal dari semua jurusan. Skala yang digunakan adalah Skala Liker yang dimodifikasi. Uji validitas menggunakan Validitas Konstruk dengan rumus Produck Moment dan pengolahan data manual menggunakan Ms.Excel. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah dua dengan rumus Spearman Brown. Analisis untuk uji hipotesis penelitian ini menggunakan Korelasi Spearman. Berdasarkan hasil data yang diperoleh diketahui bahwa mahasiswa Difabel Netra dan Tuli di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah pengguna gadget aktif dengan penggunaan antara 8-16 jam. Motif menggunakan gadget keseluruhan indikator berada pada kategori ‘sedang’ dengan presentase 76.3%. Kepuasan komunikasi interpersonal secara keseluruhan indikator berada pada kategori ‘puas’ dengan presentase 71.1%. Hasil korelasi menunjukan terdapat korelasi yang signifikan antara motif menggunakan gadget dengan kepuasan komunikasi interpersonal pada mahasiswa Difabel Netra dan Tuli di UIN Sunan Kalijaga dengan nilai koefisien korelasinya adalah 0.338, lebih besar dari nilai Rho pada taraf kesalahan 5% (0.321). Hubungan kedua variabel cukup kuat karena memiliki nilai koefisien korelasi antara 0.26 – 0.50. Koefisien korelasi bernilai positif, dengan demikian hubungan kedua variabel searah. Hal ini berarti jika motif menggunakan gadget ditingkatkan maka kepuasan komunikasi interpersonal juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nanang Mizwar Hasyim, S.Sos.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motif, Gadget, Komunikasi Interpersonal.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Apr 2018 08:46
Last Modified: 23 Apr 2018 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29912

Actions (login required)

View Item View Item