STRATEGI KOMUNIKASI PENGGALANGAN DANA SOSIAL KOMUNITAS LASKAR SEDEKAH MELALUI OMAH LASKAR SEDEKAH YOGYAKARTA

ANINDIA EKA PUSPITASARI, NIM. 13210077 (2018) STRATEGI KOMUNIKASI PENGGALANGAN DANA SOSIAL KOMUNITAS LASKAR SEDEKAH MELALUI OMAH LASKAR SEDEKAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI PENGGALANGAN DANA SOSIAL KOMUNITAS LASKAR SEDEKAH MELALUI OMAH LASKAR SEDEKAH YOGYAKARTA)
13210077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI PENGGALANGAN DANA SOSIAL KOMUNITAS LASKAR SEDEKAH MELALUI OMAH LASKAR SEDEKAH YOGYAKARTA)
13210077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi penggalangan dana sosial komunitas Laskar Sedekah Yogyakarta melalui Omah Laskar Sedekah Yogyakarta. Komunitas Laskar Sedekah Yogyakarta tersebut merupakan pusat dari Laskar Sedekah seluruh Indonesia yang tersebar di 16 kota lain. Menariknya, Laskar Sedekah Yogyakarta mampu memberi jaminan sedekah 100% tanpa potongan biaya operasional bagi seluruh donatur yang bersedekah. Adapun penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang menggunakan tiga teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan mengenai strategi komunikasi menurut R. Wayne Pace, Brent D. Peterson, dan M. Dallas Burnet yaitu to secure understanding, to establish acceptance dan to motivation action. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pertama yaitu strategi dalam memastikan pemahaman komunikan terhadap pesan yang diterima (to secure understanding), dilakukan dengan memperbanyak kegiatan dan melakukan penggalangan dana sosial serta pemahaman mengenai penggalangan dana sosial yang dilakukan secara terbuka oleh komunitas Laskar Sedekah Yogyakarta. Kemudian yang kedua adalah strategi komunikasi dalam memberikan pembinaan pada donatur (to establish acceptance), bentuk tindakannya yaitu memberi tranparansi dana secara riil sebagai bentuk pertanggungjawaban dan informasi mengenai agenda kegiatan serta menjunjung tinggi rasa kekeluargaan di komunitas Laskar Sedekah Yogyakarta. Dan yang ketiga yaitu strategi komunikasi dalam memberikan motivasi kepada donatur (to motivate action), dilakukan dengan memberi motivasi melalui interaksi langsung dan motivasi melalui media sosial kepada donatur komunitas Laskar Sedekah Yogyakarta. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan strategi komunikasi penggalangan dana sosial tersebut terbukti efektif digunakan dalam pelaksanaan kegiatan komunitas Laskar Sedekah Yogyakarta dan dapat menarik minat donatur untuk bersedekah. Perolehan sedekah komunitas Laskar Sedekah Yogyakarta tahun 2017 sebesar Rp. 370.867.458,-. Dana tersebut telah mencukupi segala bentuk kegiatan rutin di Omah Laskar Sedekah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Saptoni, M.A.
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, Penggalangan Dana Sosial, Komunitas Laskar Sedekah
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Apr 2018 03:05
Last Modified: 24 Apr 2018 03:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29920

Actions (login required)

View Item View Item