IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PADA MASYARAKAT (Studi Kasus CSR PT. Matahari Kahuripan Indonesia, di Kecamatan Cermin Nan Gedang Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi)

Nurkholidah, NIM 13250057 (2018) IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PADA MASYARAKAT (Studi Kasus CSR PT. Matahari Kahuripan Indonesia, di Kecamatan Cermin Nan Gedang Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PADA MASYARAKAT (Studi Kasus CSR PT. Matahari Kahuripan Indonesia, di Kecamatan Cermin Nan Gedang Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi))
13250057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PADA MASYARAKAT (Studi Kasus CSR PT. Matahari Kahuripan Indonesia, di Kecamatan Cermin Nan Gedang Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi))
13250057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu bentuk kepedulian perusahaan untuk bertindak dengan cara-cara mereka sendiri dalam berkontribusi menyelesaikan permasalahan sosial seperti lowongan pekerjaan, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan masyarakat. Tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia telah diatur di dalam UU No. 40 Tahun 2007 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan terbatas dan diperbarui dengan dikeluarkanya PP No 47 Tahun 2012. Dari peraturan yang telah ada maka setiap perusahaan memiliki kewajiban untuk terlibat dengan masyarakat di sekitar perusahaan. Dengan kata lain, keberadaan perusahaan yang akan memberikan dampak baik itu positif ataupun negatif akan berdampak dengan keberlanjutan perusahaan. Bentuk realisasi dari CSR berupa program-program perusahaan yang diberikan kepada masyarakat. Program-program ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan, seperti Engagment, Assessment, plan of action, action and facilitation, dan evaluasi. Tahapan dalam pelaksanaan program-program CSR ini dilaksanakan dengan berbagai strategi dan model CSR, mengingat sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Seperti perusahaan sawit PT. Makin Group di Kecamatan Cermin nan Gedang. Perusahaan menyusun strategi dan model sendiri untuk pelaksanaan CSR agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung ke Lapangan atau tempat lokasi yang akan menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara mendokumentasikan dokumen dan literatur yang berhubungan dengan materi penelitian. Hasil dari pelaksanaan penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan belum maksimal. Terlihat dengan kurang pengetahuan masyarakat sekitar mengenai CSR PT. Makin. Program-program yang selama ini dilaksanakan belum bisa meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat sekitar perusahaan. Hal ini terjadi karena program yang dilaksanakan tidak bisa berkelanjutan dan hanya berbentuk kegiatan charityatau pembangunan struktur. Belum ada program perusahaan yang terkait dengan pengembangan masyarakat dan komunitas setempat. Padahal PT. Makin telah memiliki acuan tersendiri dalam pelaksanaan pengembangan masyarakat dan pengembangan komunitas. Kemudian dengan tidak adanya devisi dan struktur oraganisasi CSR menjadi penghambat pelaksanaan dari perencanaan yang telah dibuat oleh perusahaan PT. Makin. Kata kunci : CSR, Manajemen Implementasi CSR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Izzul Haq, M.Sc
Uncontrolled Keywords: CSR, Manajemen Implementasi CSR
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:46
Last Modified: 06 Sep 2018 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29921

Actions (login required)

View Item View Item