PERAN PEKSOS DALAM PENDAMPINGAN ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (YLPA) DIY

JULJALALI, 13250092 (2017) PERAN PEKSOS DALAM PENDAMPINGAN ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (YLPA) DIY. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN PEKSOS DALAM PENDAMPINGAN ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (YLPA) DIY)
13250092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEKSOS DALAM PENDAMPINGAN ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (YLPA) DIY)
13250092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu fenomena yang menjadi perhatian kusus yang terjadi di Indonesia kususnya di Provinsi Daera istimewa Yogyakarta adalah meningkatnya kasus anak baik anak sebagai pelaku, korban dan saksi yang melakukan tindakan criminal dapat merugikan orang lain dan dirinya sendiri. untuk menangani kasus anak maka perlu adanya lembaga perlindungan anak yang menangani kasus anak. Di DIY ada satu lembaga yang menangani kasus anak yaitu Yayasan Lembaga Perlindungan Anak (YLPA) dan juga tenaga pekerja sosial yang ada didalamnya, tenaga pekerja sosial walaupun tidak banyak dikenal orang secara luas akan tetapi punya peranan penting dalam menangani kasus anak. Dari data yang didapatkan dari YLPA bahwa jumlah kasus anak menunjukan peningkatan yang signifikan. Dalam hal ini peneliti memfokuskan kajian penelitian ini pada persoalan tentang bagaimana Peran Peksos Dalam Pendmpingan Anak Berhadapan Dengan Hukum Di Yayasan Lembaga Perlindungan Anak (YLPA) DIY, karena mengingat dalam menangani kasus anak harus sesuai dengan undang-undang perlindungan yang berlaku saat ini. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Data primer dari penelitian ini adalah data terkait penanganan kasus anak yang di lakukan YLPA kususnya oleh Pekerja Sosial dalam hal ini peneliti menggali data dari seorang pekerja sosial dan seorang advocate yang ada di YLPA. Sedangkan data skunder dari penelitian ini adalah sumber adalah baan kepustakaan, buku-buku terkait penelitian, artikel dan sumber lain yang terkait. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa peksos YLPA sudah bekerja secara professional dalam menanganui kasus anak yang terjadi di Daera Istimewah Yogyakarta dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Contohnya mengupayakan diversi bagi anak yang melakukan pelanggaran ujaran kebencian lewat media sosial. Selain itu dari lembaga yaitu YLPA dalam menangani kasus anak sudah sesuai dengan prosedur ix misalnya bekerja sama dengan berbagai pihak seperti kepolisian, jaksa, pemerinya provinsi DIY.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suisyanto, M.P
Uncontrolled Keywords: peran peksos, pendampingan anak, hukum perlindungan anak
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Sep 2018 08:04
Last Modified: 07 Sep 2018 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29926

Actions (login required)

View Item View Item