INTERVENSI PSIKOSOSIAL TERHADAP ANAK DENGAN AUTISME DI SLB KHUSUS AUTISTIK FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA

MUHAMAD IQBAL HANAFI, NIM 13250097 (2018) INTERVENSI PSIKOSOSIAL TERHADAP ANAK DENGAN AUTISME DI SLB KHUSUS AUTISTIK FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI PSIKOSOSIAL TERHADAP ANAK DENGAN AUTISME DI SLB KHUSUS AUTISTIK FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA)
13250097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI PSIKOSOSIAL TERHADAP ANAK DENGAN AUTISME DI SLB KHUSUS AUTISTIK FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA)
13250097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Intervensi Psikososial Terhadap Anak Dengan Autisme Di SLB Khusus Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta”. Dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan bagaimana penanganan terhadap anak dengan autisme di SLB tersebut berikut hambatan dan tantangannya. Tidak semua anak dilahirkan dan tumbuh dengan keadaan yang normal. Beberapa anak memiliki keterbatasan baik secara psikis maupun fisik yang telah dialami sejak masa awal perkembangannya. Anak dengan kondisi demikian disebut anak berkebutuhan khusus (special needs children). Ada beberapa kategori anak berkebutuhan khusus. Salah satunya adalah anak dengan autisme.. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Peneliti disini melakukan observasi dengan jenis teknik observasi non partisipan. Artinya peneliti berada diluar subjek yang diamati dan tidak ikut kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh subjek penelitian. Adapaun sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru/terapis di SLB tersebut. Kemudian penelitian ini menggunakan teori intervensi psikososial dan anak dengan autisme sebagai acuan dalam melaksakan penelitian tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan intervensi atau penanganan terhadap adank dengan autisme di SLB Khusus Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta, berikut hambatan dan tantangannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi yang dilakukan oleh SLB Khusus Autistik Fajar Nugraha Yogyakarta terhadap anak dengan autisme sudah cukup baik. Mulai dari proses diagnosa, observasi/asesmen, penyusunan program, pelaksanaan program, evaluasi hingga follow up. Tentu saja di dalamnya terdapat beberapa hambatan dan tantangan selama proses pelaksanaan intervensi berlangsung. Namun, SLB Fajar Nugraha juga memiliki program penunjang diluar program untuk murid-muridnya, guna meminimalisir hal-hal yang terjadi dalam hambatan dan tantangan tersebut. Kata kunci : Intervensi, Psikososial, Anak, Autisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andayani, S,IP, MSW,
Uncontrolled Keywords: Intervensi, Psikososial, Anak, Autisme.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Sep 2018 08:04
Last Modified: 07 Sep 2018 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29927

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum