PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA: STUDI PENINGKATAN EKONOMI PRODUKTIF MELALUI USAHA TERNAK KAMBING MANDIRI DI DUSUN NGANGGRING GIRIKERTO SLEMAN

Maulana Isman Choeri, NIM. 13230013 (2018) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA: STUDI PENINGKATAN EKONOMI PRODUKTIF MELALUI USAHA TERNAK KAMBING MANDIRI DI DUSUN NGANGGRING GIRIKERTO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA: STUDI PENINGKATAN EKONOMI PRODUKTIF MELALUI USAHA TERNAK KAMBING MANDIRI DI DUSUN NGANGGRING GIRIKERTO SLEMAN)
13230013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA: STUDI PENINGKATAN EKONOMI PRODUKTIF MELALUI USAHA TERNAK KAMBING MANDIRI DI DUSUN NGANGGRING GIRIKERTO SLEMAN)
13230013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masalah kemiskinan muncul sebagai problem yang serius, sehingga menjadi masalah berkelanjutan. Oleh sebab itu masyarakat harus mulai diarahkan dengan cara mendorong dan membangun untuk mencari alternatif strategi pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan memiliki berbagai macam cara untuk pelaksanaanya bagi masyarakat, agar menjadi masyarakat yang produktif. Salah satu usahanya yaitu pemberdayaan masyarakat desa dalam peningkatan ekonomi melalui kelompok ternak kambing Mandiri. Salah satu wilayah yang ditentukan sebagai kegiatan ternak kambing adalah Dusun Nganggring, Kecamatan Girikerto Kabupaten Sleman. Peneliti melakukan penelitian di Dusun Nganggring ini karena desa tersebut merupakan dusun yang masih aktif dalam beraktifitas salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat desa. Fokus penelitian ini adalah proses dan hasil pemberdayaan masyarakat desa dalam peningkatan ekonomi produktif melalui kelompok ternak kambing Mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat Desa dalam peningkatan ekonomi produktif melalui peternakan kambing danhasil yang dicapai dari proses pemberdayaan masyarakat desa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Selanjutnya melakukan kreabilitas data mengunakan trianggulasi serta melakukan analisis dengan menggunakan metode analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pemberdayaan yang dilakukan didalam Kelompok Ternak Kambing Mandiri meliputi: pembentukan Kelompok Ternak Kambing Mandiri, proses penyadaran serta penguatan kelompok, adanya program pendampingan terhadap anggota kelompok, serta adanya pelatihan terhadap anggota kelompok. 2) Upaya peningkatan ekonomi produktif kelompok ternak kambing Mandiri yaitu melalui penguatan modal, produksi susu kambing serta produksi pupuk organik. 3) Hasil dari pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan ekonomi produktif melalui Kelompok Ternak kambing Mandiri yaitu: dampak bagi anggota dan pengurus kelompok yaitu dapat meningkatkan pengetahuan serta pengalaman dan juga daapat menambah pendapatan sehingga dapat membantu ekonomi keluarga, bagi masyarakat sekitar yaitu dapat membuka lapangan pekerjaan baru serta mengurangi angka pengangguran. Kata Kunci :Pemberdayaan, Peningkatan Ekonomi Masyarakat,Kelompok Ternak Kambing Mandiri Nganggring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Hj. Sriharini.S.Ag.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Peningkatan Ekonomi Masyarakat,Kelompok Ternak Kambing Mandiri Nganggring
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 26 Apr 2018 14:22
Last Modified: 26 Apr 2018 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29945

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum