PENINGKATAN CAPACITY BUILDING REMAJA TAMANSARI DALAM PELESTARIAN BATIK LUKIS DI SANGGAR KALPIKA (Studi Kasus di Tamansari Patehan Keraton Yogyakarta)

Renita Rahmawati, NIM. 14230017 (2018) PENINGKATAN CAPACITY BUILDING REMAJA TAMANSARI DALAM PELESTARIAN BATIK LUKIS DI SANGGAR KALPIKA (Studi Kasus di Tamansari Patehan Keraton Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN CAPACITY BUILDING REMAJA TAMANSARI DALAM PELESTARIAN BATIK LUKIS DI SANGGAR KALPIKA (Studi Kasus di Tamansari Patehan Keraton Yogyakarta))
14230017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Updated Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN CAPACITY BUILDING REMAJA TAMANSARI DALAM PELESTARIAN BATIK LUKIS DI SANGGAR KALPIKA (Studi Kasus di Tamansari Patehan Keraton Yogyakarta))
14230017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Sanggar Kalpika mempunyai arti Akal Pemuda Insan, yang bertempat di Tamansari Keraton Kota Yogyakarta. Sanggar Kalpika bertujuan untuk tempat pelatihan pembuatan batik lukis agar batik lukis tetap eksis di era modern. Dalam melestarikan batik lukis, Sumber Daya Manusia (SDM) diharapkan terampil sehingga bisa menciptakan karya batik lukis dan mampu menjaga eksistensi budaya batik lukis dilingkungan masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan peningkatan capacity building, seperti peningkatan capacity building remaja Tamansari dalam pelestarikan batik lukis di Sanggar Kalpika Tamansari Patehan Keraton Kota Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil peningkatan capacity building remaja Tamansari dalam pelestarian batik lukis di Sanggar Kalpika. Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan teknik purposive berdasarkan kriteria. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan data, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses peningktan capacity building dalam pelestaraian batik lukis di Sanggar Kalpika terdiri dari rekrutmen remaja, pelatihan batik lukis, pemberian daya pada remaja, dan pemasaran. Sedangkan hasil peningktan capacity building dalam pelestaraian batik lukis di Sanggar Kalpika mampu meningkatkan kualitas daya remaja, mengembangkan keterampilan, melestarikan budaya batik, serta meningkatkan pendapatan ekonomi. Kata Kunci: Capacity Building, Pelestarian Batik Lukis, Remaja Tamansari, Sanggar Kalpika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aziz Muslim, M. Pd,
Uncontrolled Keywords: Capacity Building, Pelestarian Batik Lukis, Remaja Tamansari, Sanggar Kalpika.
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Sep 2018 13:52
Last Modified: 19 Sep 2018 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29973

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum