KENAKALAN SISWA DAN UPAYA MENGATASINYA DI MADRASAH TSANAWIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

Isria Afifah NIM. 04410778, (2009) KENAKALAN SISWA DAN UPAYA MENGATASINYA DI MADRASAH TSANAWIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KENAKALAN SISWA DAN UPAYA MENGATASINYA DI MADRASAH TSANAWIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[img] Text (KENAKALAN SISWA DAN UPAYA MENGATASINYA DI MADRASAH TSANAWIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang sebab-sebab kenakalan siswa Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum dan upaya untuk mengatasinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memudahkan pihak sekolah dalam menangani kenakalan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisa data menggunakan deskriptif dengan metode berfikir induktif. Untuk data yang bersifat angka menggunakan analisa statistik penyajian tabel distribusi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) jenis kenakalan yang sering dilakukan siswa Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum dikelompokkan menjadi 4 yaitu kenakalan melawan status, kenakalan yang menimbulkan korban materi pada orang lain, kenakalan yang menimbulkan korban fisik pada orang lain, dan kenakalan sosial. Untuk kenakalan yang sering dilakukan oleh siswa Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum adalah kenakalan melawan status yang mana kenakalan ini pernah dilakukan oleh hampir semua siswa Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa itu ada yang bersifat internal, seperti ketidakstabilan emosi dan perasaan; dan ada yang bersifat eksternal, seperti pengaruh lingkungan teman sebaya, pengaruh media massa yang sudah tidak mengikuti aturan-aturan moral. 2) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kenakalan siswa yaitu dengan beberapa langkah yang disesuaikan dengan berat dan ringannya tindak kenakalan yang dilakukan. Adapun langkahlangkahnya yaitu usaha preventif, upaya pencegahan terhadap timbulnya kenakalan siswa; usaha represif, usaha penanggulangan kenakalan dengan cara menindak kenakalan yang telah terjadi; usaha kuratif, tindakan rehabilitasi yang dilakukan setelah tindakan- indakan pencegahan lainnya dilaksanakan. Dan upaya untuk mengatasi kenakalan siswa yang dilakukan oleh Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum menunjukkan hasil yang cukup memuaskan yang mana kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum bisa diminamalisir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kenakalan, Remaja, Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 13:16
Last Modified: 10 Sep 2012 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2999

Actions (login required)

View Item View Item