PENGARUH INFRASTRUKTUR EKONOMI DAN SOSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI WILAYAH JAWA DAN SUMATERA TAHUN 2008 - 2015

FITRIA WIDIANINGTYAS, NIM. 13810143 (2018) PENGARUH INFRASTRUKTUR EKONOMI DAN SOSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI WILAYAH JAWA DAN SUMATERA TAHUN 2008 - 2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INFRASTRUKTUR EKONOMI DAN SOSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI WILAYAH JAWA DAN SUMATERA TAHUN 2008 - 2015)
13810161_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INFRASTRUKTUR EKONOMI DAN SOSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI WILAYAH JAWA DAN SUMATERA TAHUN 2008 - 2015)
13810161_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Infrastruktur merupakan salah satu indikator tolak ukur pertumbuhan ekonomi. Pemerintah Indonesia sedang menggiatkan pembangunan prasarana infrastruktur guna memperbaiki kualitas dan mutu kehidupan di negeri ini. Namun masih banyak masalah yang dialami di negara kita khususnya mengenai ketidakmerataan ekonomi, kualitas yang rendah, dan lain sebagainya. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah apakah faktor-faktor produksi yang diwakili oleh infrastruktur ekonomi (Jalan, Listrik, Air bersih) dan infrastruktur sosial (Kesehatan dan Pendidikan) mempunyai pengaruh dan kontribusi lain yang signifikan terhadap output yang diwakili oleh variabel pendapatan perkapita agar dapat ditentukan arah kebijakan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Data yang digunakan adalah data panel dengan kurun waktu dari tahun 2008 hingga tahun 2015 untuk 16 Provinsi di Indonesia wilayah bagian barat. Hasil penelitian ini menunjukkan dari lima variabel hanya satu variabel (air bersih) yang tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indobesia. Untuk empat variabel lainnya (jalan, listrik, kesehatan dan pendidikan) berdampak postitif terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: MUHAMMAD GHAFUR WIBOWO SE., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Infrastruktur, Data Panel, Pertumbuhan Ekonomi
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Apr 2018 02:56
Last Modified: 27 Apr 2018 02:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29996

Actions (login required)

View Item View Item