ANALISIS PENGARUH MODEL DINAMIKA SOSIO-EKONOMI IBNU KHALDUN TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN DI PULAU JAWA

FATHYA FIKRI IZZUDDIN, NIM. 13810168 (2018) ANALISIS PENGARUH MODEL DINAMIKA SOSIO-EKONOMI IBNU KHALDUN TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN DI PULAU JAWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH MODEL DINAMIKA SOSIO-EKONOMI IBNU KHALDUN TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN DI PULAU JAWA)
13810168_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH MODEL DINAMIKA SOSIO-EKONOMI IBNU KHALDUN TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN DI PULAU JAWA)
13810168_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Dengan tujuan menciptakan pembangunan yang adil dan sejahtera (Welfare State) sebagaimana tuntunan agama Islam (Rahmatan Lil Alamin), Ibnu Khaldun menggagas sebuah model dinamis yang setiap variabel didalamnya saling berpengaruh satu sama lain untuk melihat jatuh dan bangunnya sebuah peradaban. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari dimensi yang ada di dalam model dinamika Sosio – Ekonomi Ibnu Khaldun terhadap tingkat kesejahteraan yang ada di masa sekarang. Penelitian ini akan mengambil sampel pada 6 Provinsi di Pulau Jawa sebagai pulau dengan kontribusi terbesar pada PDB nasional Indonesia. Penelitian ini menggunakan Regresi Data Panel yaitu perpaduan antara data time series tahunan selama tahun 2009 hingga 2015 dan cross section 6 Provinsi tersebut untuk menguji pengaruh variabel – variabel proxi dari tiap dimensi dalam model dinamika Sosio – Ekonomi Ibnu Khaldun terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan aplikasi Eviews 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun simultan antara variabel proxi model dinamika Sosio – Ekonomi Ibnu Khaldun terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat pada 6 Provinsi yang ada di Pulau Jawa. Penelitian ini juga menemukan bahwa ketimpangan yang terjadi di Pulau Jawa baik dari segi populasi penduduk, pendidikan moral, dll menjadi salah satu faktor penghambat hadirnya kesejahteraan masyarakat. Pada akhirnya penelitian ini membuktikan bahwa model dinamika Sosio – Ekonomi Ibnu Khaldun yang digagas beberapa abad lalu masih relevan menjadi indikator tingkat kesejahteraan (Welfare State) masyarakat di era sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muh.Rudi Nugroho, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Model Dinamika Sosio – Ekonomi Ibnu Khaldun, Kesejahteraan Masyarakat, 6 Provinsi di Pulau Jawa, Regresi Data Panel.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Apr 2018 03:14
Last Modified: 27 Apr 2018 03:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29999

Actions (login required)

View Item View Item