AL-ASHALAH WA AL-MUASHIRAH FI AL-DIRASAT AL-ISLAMIYYAH

TULUS MUSTOFA, (2008) AL-ASHALAH WA AL-MUASHIRAH FI AL-DIRASAT AL-ISLAMIYYAH. /Jurnal/Al-Jamiah/Al-Jamiah No. 61 Th. 1998/.

[img]
Preview
Text
Tulus Mustofa.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Mayoritas umat Islam saat ini sedang dilanda krisis pemikiran yang pada akhirnya membawa dunia Islam kepada krisi di berbagai bidang. Untuk dapat meningkatkan potensi dan dinamisme yang dimiliki umat Islam harus keluar dari situasi yang tidak menguntungkan ini. Di antara jalan keluar dari krisis ini adalah dengan memperbaiki metode studi Islam, khususnya setelah terjadinya kemunduran di bidang ini sebagai akibat dari munculnya pengaruh-pengaruh asing yang dibawa oleh para orientaslis. Para pelajar dan mahasiswa merasakan adanya dua arus yang saling bertentangan, yaitu antara kaum tradisionalis yang mendudukung tetap dijaganya metode kajian Islam yang talah ada dengan kaum reformis yang menyerukan perubahan dan wsternisasi yang pada akhirnya menimbulkan kebingungan pada mereka. Untuk menengahi persoalan ini, banyak buku-buku yang telah ditulis oleh para ahli sebagai upaya memadukan kedua kutub tersebut. Dalam tulisan ini, penulis mencoba memunculkan beberapa buku mengenai bahasan ini dengan memberikan beberapa analisis yang terangkum dalam judul; bTradisionlisme dan modernisme dalam Studi Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Studi Islam, tradisionalisme, modernisme
Subjects: Al Jamiah Jurnal
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2013 08:56
Last Modified: 24 May 2013 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item