ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, TINGKAT PENGANGGURAN, KEMISKINAN, KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN, DAN BELANJA MODAL TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI JAWA TENGAH

KHUSNUL KHOTIMAH, NIM. 13810071 (2018) ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, TINGKAT PENGANGGURAN, KEMISKINAN, KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN, DAN BELANJA MODAL TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, TINGKAT PENGANGGURAN, KEMISKINAN, KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN, DAN BELANJA MODAL TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI JAWA TENGAH)
13810071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, TINGKAT PENGANGGURAN, KEMISKINAN, KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN, DAN BELANJA MODAL TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI JAWA TENGAH)
13810071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan manusia merupakan upaya perluasan pilihan-pilihan bagi penduduk dan sekaligus sebagai taraf yang ingin dicapai dari upaya pembangunan tersebut. Ide dasar dari pembangunan manusia yaitu menciptakan pertumbuhan positif dalam bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, lingkungan serta perubahan dalam kesejahteraan sosial. Laju pertumbuhan pembangunan manusia di Jawa Tengah tergolong rendah jika dibanding dengan provinsi lain di Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran, kemiskinan, ketimpangan distribusi pendapatan, dan belanja modal terhadap indeks pembangunan manusia (IPM) di Jawa Tengah pada tahun 2011-2015. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Departemen Keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan model analisis fixed effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan ekonomi dan variabel belanja modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPM, varibel kemiskinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IPM. Sedangkan variabel pengangguran dan variabel ketimpangan distribusi pendapatan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap IPM. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,991643 yang artinya bahwa semua variabel independen dalam penelitian ini mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 99,16%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. ABDUL HARIS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Indeks Pembangunan Manusia, Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran, Ketimpangan Distribusi Pendapatan, Kemiskinan, dan Belanja Modal.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Apr 2018 06:33
Last Modified: 27 Apr 2018 06:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30005

Actions (login required)

View Item View Item