ANALISIS PENGARUH SEKTOR EKONOMI UNGGULAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERIODE 2011-2016

IKHWAN FAJAR DEWANTORO, NIM.13810110 (2018) ANALISIS PENGARUH SEKTOR EKONOMI UNGGULAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERIODE 2011-2016. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH SEKTOR EKONOMI UNGGULAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERIODE 2011-2016)
13810110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH SEKTOR EKONOMI UNGGULAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERIODE 2011-2016)
13810110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pembangunan ekonomi merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat. Untuk melakukannya perlu adanya perencanaan yang baik. Salah satu cara untuk mengetahui kinerja perekonomian adalah dengan menganalisa pertumbuhan ekonominya. Pertumbuhan ekonomi yang baik adalah pertumbuhan yang meningkat dan konsisten. Pertumbuhan ekonomi dapat dihitung mengunakan nilai PDB (Produk Domestik Bruto) dengan mengurangkan dengan PDB tahun sebelumnya lalu dibagi dengan tahun sebelumnya. Dalam membangun daerah perlu memperhatikan karakteristik dari daerah tersebut. Dengan menganalisa sektor-sektor unggulan maka setiap daerah diharapkan dapat lebih cepat dan tepat dalam melakukan pembangunan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sektor-sektor unggulan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi D.I. Yogyakarta. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah Location Quotien,, Typologi Klassen, dan Regresi Data Panel. Dari tujuh belas sektor yang ada di kabupaten dan kota Provinsi D.I. Yogyakarta diketahui terdapat tiga sektor yang termasuk dalam sektor unggulan. Tiga sektor yang masuk dalam sektor unggulan adalah sektor penyedia akomodasi dan makan minum, sektor real estate, dan sektor administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib lainnya. Selanjutnya dari ketiga sektor tersebut hanya sektor administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib lainnya yang memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Tanpa mengabaikan sektor-sektor yang lain hendaknya pemerintah lebih memperhatikan sektor-sektor unggulan terkhusus sektor administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib lainnya sehingga dapat lebih berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi dan pembangunan guna menciptakan kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Misnen Ardiansyah. SE., M.Si., Ak., CA
Uncontrolled Keywords: sektor unggulan, pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Apr 2018 06:47
Last Modified: 27 Jul 2018 07:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30007

Actions (login required)

View Item View Item