ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN PEMBANGUNAN EKONOMI DI KABUPATEN CILACAP TAHUN 2011-2014

SITI BADRIYAH, NIM. 14810003 (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN PEMBANGUNAN EKONOMI DI KABUPATEN CILACAP TAHUN 2011-2014. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN PEMBANGUNAN EKONOMI DI KABUPATEN CILACAP TAHUN 2011-2014)
14810003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIMPANGAN PEMBANGUNAN EKONOMI DI KABUPATEN CILACAP TAHUN 2011-2014)
14810003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Ketimpangan pada dasarnya disebabkan adanya perbedaan kandungan sumber daya alam dan perbedaaan kondisi demografi yang terdapat pada masingmasing wilayah. Kondisi ini mengakibatkan adanya perbedaan kemampuan suatu daerah dalam proses pembangunan. Faktor demografi juga dapat menyebabkan ketimpangan antar wilayah. Kondisi demografis yang dimaksudkan disini meliputi perbedaan tingkat pertumbuhan dan struktur kependudukan, perbedaan tingkat pendidikan dan kesehatan, perbedaan kondisi ketenagakerjaan dan etos kerja maupun tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel tenaga kerja, jumlah pendidikan, fasilitas kesehatan, dan produk domestik regional bruto (PDRB) per kapita terhadap ketimpangan pembangunan ekonomi di Kabupaten Cilacap Tahun 2011-2014. Penelitian ini menggunakan Indeks Williamson untuk mengetahui tingkat ketimpangan antar kecamatan di Kabupaten Cilacap dan menggunakan regresi data panel untuk mengetahui pengaruh tenaga kerja, jumlah pendidikan, fasilitas kesehatan, dan produk domestik regional bruto per kapita terhadap ketimpangan pembangunan ekonomi. Objek dari penelitian ini adalah 24 kecamatan yang terdapat pada Kabupaten Cilacap. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tahunan dari 2011 sampai tahun 2014. Dari hasil analisis menggunakan regresi data panel diperoleh bahwa variabel tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pembangunan ekonomi. Variabel PDRB per kapita berpengaruh negatif signifikan terhadap ketimpangan pembangunan ekonomi. Sedangkan variabel jumlah pendidikan dan fasilitas kesehatan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ketimpangan pembangunan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ibi Satibi S.H.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Ketimpangan Pembangunan, Tenaga Kerja, Jumlah Pendidikan, Fasilitas Kesehatan, dan PDRB Per Kapita
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Apr 2018 06:54
Last Modified: 27 Apr 2018 06:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30008

Actions (login required)

View Item View Item