MODEL TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (Studi Kasus Siswa Kelas VIII E MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta)

LILY NURKHAFIFAH NIM. 05410072, (2009) MODEL TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (Studi Kasus Siswa Kelas VIII E MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MODEL TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (Studi Kasus Siswa Kelas VIII E MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MODEL TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (Studi Kasus Siswa Kelas VIII E MTs Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta) )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang model team teaching dalam pembelajaran fiqih di kelas VIII E MTs Negeri Seyegan. Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena-fenomena yang berbeda pada suatu kelas dibandingkan dengan fenomena yang terjadi pada mayoritas kelas yang menerapkan model team teaching, seperti masih dibutuhkannya perhatian lebih, baik dalam pembentukan kemampuan peserta didik maupun dalam pengelolaan kelasnya. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh guru PAI untuk menyampaikan mata pelajaran fiqih dengan metode yang relevan, yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Seyegan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis induktif, yaitu menganalisis data yang khusus kemudian ditarik generalisasi yang mempunyai sifat umum. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan menggunakan sumber dan metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep team teaching dalam pembelajaran fiqih di MTs Negeri Seyegan adalah pelaksanaan model pengajaran bersama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan perencanaan dan tujuan serta harapan yang sama yang telah disepakati. Penerapan team teaching di MTs Negeri Seyegan dikarenakan untuk memenuhi persyaratan sertifikasi guru yang menuntut beban kerja minimal 24 jam tatap muka dan maksimal 40 jam tatap muka per minggu pada satuan pendidikan. (2) Pelaksanaan model team teaching dalam pembelajaran fiqih di kelas VIII E MTs Negeri Seyegan meliputi tiga tahap, yaitu tahap awal, inti dan akhir. Pada tahap awal, guru pertama memulai pembelajaran fiqih dengan menarik perhatian siswa. Sedangkan guru kedua mengkondisikan kelas dengan sebaik-baiknya. Pada tahap inti, guru pertama meneruskan pelajaran. Guru ke dua melanjutkan pelajaran yang telah disampaikan oleh guru pertama. Sedangkan guru pertama mengkondisikan kelas. Setelah penjelasan selesai disampaikan oleh guru ke dua, kemudian menawarkan nilai kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan. Dalam hal ini ke dua guru saling membantu dalam memberikan pertanyaan, menjawab pertanyaan maupun membuka pertanyaan. Pada tahap akhir, guru ke dua menutup pelajaran dengan memberikan kesimpulan akhir, memberikan tugas rumah dan mengucapkan salam penutup. (3) Hasil pembelajaran fiqih dengan model team teaching membawa dampak positif pada aspek pengadministrasian kelasnya. Suasana kelas menjadi lebih tenang dan nyaman. Teknis pelaksanaannya pun menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Selain itu, juga berdampak pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Siswa menjadi lebih mampu dalam mengaplikasikan ibadah yang telah diperoleh di dalam kelas dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muqowim, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Team Teaching, Pembelajaran, Fiqih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2012 11:34
Last Modified: 11 Sep 2012 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item View Item