ANALISIS DINAMIKA EKSPOR KARET ALAM INDONESIA TAHUN 1975-2015

WIWIT KRASWATI, NIM. 14810009 (2018) ANALISIS DINAMIKA EKSPOR KARET ALAM INDONESIA TAHUN 1975-2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS DINAMIKA EKSPOR KARET ALAM INDONESIA TAHUN 1975-2015)
14810009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS DINAMIKA EKSPOR KARET ALAM INDONESIA TAHUN 1975-2015)
14810009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Ekspor merupakan salah satu bagian penting dari pendapatan negara yang menjadi sumber dari pertumbuhan ekonomi. Sebagai negara agraris dengan tanah yang subur Indonesia mempunyai beberapa hasil perkebunan yang menjadi komoditas ekspor andalan. Salah satu hasil perkebunan tersebut adalah karet alam yang termasuk dalam 10 besar hasil ekspor tertinggi Indonesia. Dalam perdagangan karet internasional Indonesia sangat berperan besar bahkan telah menjadi penyuplai terbesar setelah Thailand. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dinamika yang terjadi pada ekspor karet alam Indonesia dengan melihat hubungan antar variabel harga karet alam dunia, Indeks Produksi Industri(IPI) ban dunia, dan hubungan luas lahan karet Indonesia terhadap volume karet alam yang dieskpor Indonesia. Metode yang digunakan adalah Vector Error Correction Model (VECM). Penelitian ini menggunakan data dengan periode 1975-2015. Proses pengujian data menggunakan uji stasioneritas, uji kointegrasi, uji stabilitas, uji kausalitas, analisis Impulse Response Function (IRF), dan Variance Decomposition (VD). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa diantara semua variabel terdapat hubungan kausalitas jangka panjang namun masing variabel tidak memiliki hubungan kausalitas jangka pendek terhadap ekspor karet alam Indonesia. Sedangkan guncangan yang terjadi pada setiap variabel selalu direspon positif oleh ekspor karet alam Indonesia sejak periode awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUH. RUDI NUGROHO, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Ekspor Karet Alam Indonesia, Harga Karet Alam Dunia, Luas Lahan Karet Indonesia, IPI Ban Dunia, dan VECM
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Apr 2018 15:47
Last Modified: 27 Apr 2018 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30011

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum