ANALISIS PENGARUH PELANGGAN LISTRIK, SEKOLAH, DAN PUSKESMAS TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2011-2015

REZA NOVIYA, NIM. 14810020 (2018) ANALISIS PENGARUH PELANGGAN LISTRIK, SEKOLAH, DAN PUSKESMAS TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2011-2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH PELANGGAN LISTRIK, SEKOLAH, DAN PUSKESMAS TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2011-2015)
14810020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH PELANGGAN LISTRIK, SEKOLAH, DAN PUSKESMAS TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2011-2015)
14810020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan indikator untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara dan sebagai penentu adanya kebijakan pembangunan selanjutnya. Provinsi Lampung memiliki peran strategis sebagai pintu gerbang perdagangan di bagian selatan antara wilayah Sumatera dan Jawa. Hal tersebut menjadikan Provinsi Lampung sebagai tempat strategis untuk mendorong mempermudah masuknya pergerakan barang yang masuk dari pulau Jawa. Pembangunan ekonomi dalam suatu negara pada suatu tahun tertentu tidak saja diukur dari kenaikan produksi barang dan jasa yang berlaku dari tahun ke tahun, tetapi juga perlu diukur dari perubahan lain yang berlaku dalam berbagai aspek kegiatan ekonomi seperti, peningkatan dalam infrastruktur yang tersedia. Semakin maju suatu perekonomian, semakin banyak infrastruktur diperlukan, seperti infrastruktur listrik, infrastruktur pendidikan, dan infrastruktur kesehatan. Dengan demikian, mengembangkan infrastruktur harus secara terus menerus dilakukan dan harus diselaraskan dengan kemajuan ekonomi yang telah dicapai dan yang ingin diwujudkan pada masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh pelanggan listrik, sekolah, dan puskesmas terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung pada tahun 2011-2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan berupa crossection 14 kabupaten atau kota dan time series selama lima tahun, yaitu dari tahun 2011-2015. Data yang digunakan diperoleh dari Badan Pusat Statistika dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional. Metode yang digunakan yaitu dengan analisis regresi data panel (Pool Least Square). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh secara bersama-sama terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung. Secara parsial variabel pelanggan listrik berpengaruh positif dan signifikan. Sekolah berpengaruh negatif dan siginifikan. Sedangkan puskesmas tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sunaryati, SE, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: pertumbuhan ekonomi, pelanggan listrik, sekolah, puskesmas
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Apr 2018 09:04
Last Modified: 27 Apr 2018 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30014

Actions (login required)

View Item View Item