PERANAN SEKTOR YANG MENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA TERHADAP PEREKONOMIAN PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2013 (PENDEKATAN MODEL INPUT-OUTPUT)

EKA ANDRI KURNIAWAN, NIM. 14810034 (2018) PERANAN SEKTOR YANG MENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA TERHADAP PEREKONOMIAN PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2013 (PENDEKATAN MODEL INPUT-OUTPUT). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERANAN SEKTOR YANG MENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA TERHADAP PEREKONOMIAN PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2013 (PENDEKATAN MODEL INPUT-OUTPUT))
14810040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERANAN SEKTOR YANG MENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA TERHADAP PEREKONOMIAN PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2013 (PENDEKATAN MODEL INPUT-OUTPUT))
14810040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pariwisata adalah industri yang besar dan tumbuh dengan cepat. Perkembangan pariwisata sangat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh sektor lainnya karena mulitisektoral yang memiliki keterkaitan dengan sektor lain. Terjadinya perubahan pada salah satu sektor ekonomi, juga akan berpengaruh pada sektor pariwisata. Keterkaitan antarsektor dalam perekonomian dapat dilihat pada Analisis Input-Output. Analisis I-O adalah analisis atas perekonomian secara komprehensif karena melihat keterkaitan antarsektor ekonomi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana peran sektor pariwisata dalam pembentukan output, nilai tambah bruto, permintaan antara dan permintaan akhir Provinsi Jawa Tengah, keterkaitan dengan sektor-sektor lainnya, dampak ekonomi yang ditimbulkan dalam pertumbuhan ekonomi, pendapatan dan investasi dilihat berdasarkan efek multiplier. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder dari BPS dan Bappeda, berupa Tabel Input-Output Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013. Hasilnya, sektor pariwisata memiliki peranan yang penting dalam struktur permintaan antara dan permintaan akhir, pembentukan output, nilai tambah bruto, keterkaitan ke depan dan ke belakang yang tinggi, penyebaran yang memiliki kemampuan menarik serktor hulu yang lebih besar serta multiplier output, pendapatan, dan investasi untuk melihat perubahan kenaikan permintaan akhir. Apabila dilihat secara keseluruhan dalam sektor ekonomi, sektor unggulan yang dimiliki Jawa Tengah adalah sektor pertanian dan pariwisata menjadi sektor penopang yang masih perlu dikembangkan lagi kedepannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Ghafur Wibowo, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Ekonomi, Model Input-Output
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 May 2018 13:32
Last Modified: 02 May 2018 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30043

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum