ANALISIS PENGARUH ANGKATAN KERJA, PENDIDIKAN, INVESTASI SWASTA, DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PENGANGGURAN TERBUKA PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2009-2015

AAM LATIFAH PAUZIAH ROHMAH, NIM. 14810040 (2018) ANALISIS PENGARUH ANGKATAN KERJA, PENDIDIKAN, INVESTASI SWASTA, DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PENGANGGURAN TERBUKA PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2009-2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH ANGKATAN KERJA, PENDIDIKAN, INVESTASI SWASTA, DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PENGANGGURAN TERBUKA PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2009-2015)
14810040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH ANGKATAN KERJA, PENDIDIKAN, INVESTASI SWASTA, DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PENGANGGURAN TERBUKA PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2009-2015)
14810040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Pengangguran memiliki dampak buruk bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Masalah pengangguran adalah masalah yang serius bagi negara berkembang seperti Indonesia. Masalah pengangguran yang terjadi di Indonesia tersebar luas di berbagai provinsi, salah satunya di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh angkatan kerja, pendidikan (yang diproksikan dengan rata-rata lama sekolah), investasi swasta (Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal dalam Negeri), dan pengeluaran pemerintah terhadap pengangguran terbuka pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat tahun 2009-2015. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan estimasi pendekatan Fixed Effect Model. Pengolahan data menggunakan software Eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama, angkatan kerja, pendidikan, investasi swasta, dan pengeluaran pemerintah berpengaruh signifikan terhadap pengangguran terbuka pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. Secara parsial atau individu, angkatan kerja berpengaruh positif dan pengeluaran pemerintah berpengaruh negatif terhadap pengangguran terbuka pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. Sementara pendidikan dan investasi swasta tidak berpengaruh signifikan terhadap pengangguran terbuka pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Slamet Khilmi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengangguran Terbuka, Angkatan Kerja, Pendidikan, Investasi Swasta, Pengeluaran Pemerintah
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 May 2018 13:37
Last Modified: 02 May 2018 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30044

Actions (login required)

View Item View Item