DETERMINASI PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS KERAJINAN BAMBU DI KECAMATAN MINGGIR, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA)

DWI MARTANTI, NIM. 14810050 (2018) DETERMINASI PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS KERAJINAN BAMBU DI KECAMATAN MINGGIR, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DETERMINASI PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS KERAJINAN BAMBU DI KECAMATAN MINGGIR, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA))
14810050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (DETERMINASI PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS KERAJINAN BAMBU DI KECAMATAN MINGGIR, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA))
14810050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia saat ini terus berupaya mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa dijadikan penggerak utama dalam mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia. UMKM juga sangat bermanfaat bagi wirausahawan karena meningkatkan pendapatan sehingga kesejahteraan dan kemakmuran lebih cepat tercapai. Oleh karena itu perlu diteliti faktor apa saja yang bisa mempengaruhi perkembangan UMKM. Faktor yang diukur dalam penelitian ini meliputi modal, upah tenaga kerja dan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh modal, upah tenaga kerja dan penjualan terhadap perkembangan UMKM. Populasi dalam penelitian ini adalah pengrajin kerajinan bambu di wilayah Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman yang berjumlah 167 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak sehingga didapat sampel sebanyak 63 responden. Model penelitian mengadopsi fungsi Cobb-Douglas kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan modal terhadap perkembangan UMKM, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan upah tenaga kerja terhadap perkembangan UMKM dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan penjualan terhadap perkembangan UMKM. Nilai R-Square sebesar 0,8257 atau sebesar 82,57% yang menunjukkan variabel modal, upah tenaga kerja dan penjualan dapat mempengaruhi perkembangan UMKM sedangkan 17,43% dipengaruhi variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. SLAMET KHILMI, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Perkembangan UMKM, Modal, Upah Tenaga Kerja, Penjualan
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 May 2018 14:56
Last Modified: 03 May 2018 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30051

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum