DETERMINAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI JAWA TIMUR PERIODE TAHUN 2011-2015

FERRY PRADIKO, NIM. 14810054 (2018) DETERMINAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI JAWA TIMUR PERIODE TAHUN 2011-2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI JAWA TIMUR PERIODE TAHUN 2011-2015)
14810054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI JAWA TIMUR PERIODE TAHUN 2011-2015)
14810054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pembangunan merupakan sebuah proses perubahan kearah yang lebih baik. Pembangunan sebaiknya mengarah kepada manusia sebagai tujuan akhir pembangunan, dan bukan sebagai alat pembangunan. Pembangunan manusia di Jawa Timur masih kurang maksimal dan kurang merata, terbukti dengan masih rendahnya angka IPM (indeks pembangunan manusia) Jawa Timur dan juga ketimpangan yang terjadi antar wilayah di Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis bagaimana anggaran kesehatan, anggaran pendidikan, upah minimum kabupaten/kota (UMK) , tingkat pengangguran, dan tingkat kemiskinan berpengaruh terhadap IPM di Kabupaten, kota, dan provinsi Jawa Timur tahun 2011-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa anggaran kesehatan tidak berpengaruh terhadap IPM di kabupaten, kota, maupun provinsi. Anggaran pendidikan berpengaruh negatif signifikan terhadap IPM di kabupaten, namun tidak berpengaruh di kota dan provinisi. Pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh terhadap IPM di kabupaten, kota, dan provinsi. UMK berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPM pada semua objek penelitian. Tingkat pengangguran tidak berpengaruh terhadap IPM di kabupaten, namun berpengaruh negatif dan signifikan di kota dan provinsi. Tingkat kemiskinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap IPM di kabupaten dan provinsi, namun tidak berpengaruh terhadap IPM di kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUHAMMAD GHAFUR WIBOWO, S.E., M.Sc
Uncontrolled Keywords: IPM, Anggaran Kesehatan, Anggaran Pendidikan, Pertumbuhan Ekonomi, UMK, Tingkat Pengangguran Terbuka, Tingkat Kemiskinan
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 May 2018 15:02
Last Modified: 03 May 2018 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30052

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum