ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BESARNYA PENGIRIMAN REMITAN DARI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) KE DAERAH ASAL DI KABUPATEN WONOSOBO

ANA RHOMADLON, NIM. 14810064 (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BESARNYA PENGIRIMAN REMITAN DARI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) KE DAERAH ASAL DI KABUPATEN WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BESARNYA PENGIRIMAN REMITAN DARI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) KE DAERAH ASAL DI KABUPATEN WONOSOBO)
14810064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BESARNYA PENGIRIMAN REMITAN DARI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) KE DAERAH ASAL DI KABUPATEN WONOSOBO)
14810064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Migrasi merupakan proses perpindahan sumber daya, dalam hal ini tenaga kerja, dari suatu wilayah perekonomian ke wilayah perekonomian lainnya maupun sebaliknya. Salah satu output yang dihasilkan dari migrasi adalah remitansi. Remitansi merupakan uang yang dikirimkan oleh TKI ke negara asalnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendapatan TKI, biaya penempatan dan konsumsi keluarga terhadap besaran remitan. Populasi dalam penelitian ini yaitu TKI di Kabupaten Wonosobo sebanyak 2978 orang. Sampel yang digunakan berjumlah 97 orang. Model penelitian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil peneltian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendapatan terhadap besarnya remitan TKI (2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan biaya penempatan TKI terhadap besarnya remitan TKI; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan konsumsi keluarga terhadap besarnya remitan TKI. Nilai R2 sebesar 0,5762 menunjukkan bahwa sebesar 57,62% variasi besarnya remitan TKI dipengaruhi oleh variasi pendapatan TKI, biaya penempatan TKI dan konsumsi keluarga TKI, sedangkan 42,38% dipengaruhi oleh variasi variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. SYAFIQ MAHMADAH HANAFI, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: remitan TKI, pendapatan TKI, biaya penempatan TKI, dan konsumsi keluarga TKI
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 May 2018 04:23
Last Modified: 04 May 2018 04:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30059

Actions (login required)

View Item View Item