ANALISIS EFISIENSI DAN FAKTROR-FAKTOR PRODUKSI INDUSTRI MIKRO GENTENG DI DESA KEDAWUNG KECAMATAN PEJAGOAN KEBUMEN

KUTUT ABI PRASIDI, NIM. 14810072 (2018) ANALISIS EFISIENSI DAN FAKTROR-FAKTOR PRODUKSI INDUSTRI MIKRO GENTENG DI DESA KEDAWUNG KECAMATAN PEJAGOAN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS EFISIENSI DAN FAKTROR-FAKTOR PRODUKSI INDUSTRI MIKRO GENTENG DI DESA KEDAWUNG KECAMATAN PEJAGOAN KEBUMEN)
14810072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS EFISIENSI DAN FAKTROR-FAKTOR PRODUKSI INDUSTRI MIKRO GENTENG DI DESA KEDAWUNG KECAMATAN PEJAGOAN KEBUMEN)
14810072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Jumlah pengusaha mikro genteng di Desa Kedawung memiliki jumlah terbanyak di antara seluruh daerah penghasil genteng di Kabupaten Kebumen. Kekuatan sentral industri mikro genteng di Desa Kedawung mulai memudar dan digantikan oleh daerah lain yang mulai berkembang dengan kekuatan mendirikan koperasi antar pengusaha. Penurunan jumlah unit usaha genteng ini menunjukkan kemungkinan terjadinya inefisiensi dalam penggunaan faktor-faktor produksinya sehingga menyebabkan kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh masing-masing faktor produksi terhadap hasil produksi industri mikro genteng di Desa Kedawung serta mengetahui pencapaian efisiensi penggunaan faktor-faktor produksi pada industri mikro tersebut. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari responden penelitian dengan metode analisis yang digunakan adalah regresi dan Stochastic Frontier Approach (SFA). Populasi pada objek penelitian sebanyak 117 orang pengusaha mikro dengan sampel yang diambil berdasar metode slovin sebanyak 46 orang pengusaha. Secara simultan faktor produksi berpengaruh signifikan terhadap hasil produksi genteng. Tanah liat berpengaruh signifikan positif, kayu bakar berpengaruh negatif dan tidak signifikan, modal berpengaruh positif dan signifikan serta tenaga kerja berpengaruh signifikan positif terhadap hasil produksi genteng

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: MUHAMMAD GHAFUR WIBOWO, S.E., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Produksi, Faktor Produksi, Efisiensi
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 May 2018 09:05
Last Modified: 07 May 2018 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30063

Actions (login required)

View Item View Item