ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI PULAU MADURA TAHUN 2004-2015 (STUDI KASUS: SEBELUM DAN SESUDAH PEMBANGUNAN JEMBATAN SURAMADU)

NINA NOVIANI, NIM. 14810089 (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI PULAU MADURA TAHUN 2004-2015 (STUDI KASUS: SEBELUM DAN SESUDAH PEMBANGUNAN JEMBATAN SURAMADU). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI PULAU MADURA TAHUN 2004-2015 (STUDI KASUS: SEBELUM DAN SESUDAH PEMBANGUNAN JEMBATAN SURAMADU))
14810089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN DI PULAU MADURA TAHUN 2004-2015 (STUDI KASUS: SEBELUM DAN SESUDAH PEMBANGUNAN JEMBATAN SURAMADU))
14810089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan fenomena ekonomi yang sering dijumpai dalam negara berkembang. Kemiskinan menjadi sebuah penghambat bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh infrastruktur (pembangunan Jembatan Suramadu), pengangguran (TPT), dan pendidikan (RLS) terhadap tingkat kemiskinan di Pulau Madura tahun 2004-2015. Penelitian ini menggunakan regresi panel untuk mengetahui pengaruh dari variabel infrastruktur, TPT, dan RLS terhadap tingkat kemiskinan. Adapun penelitian ini menggunakan objek 4 Kabupaten yang ada di Pulau Madura yaitu Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bangkalan, dan Kabupaten Sumenep. Data dalam skripsi ini diambil melalui website resmi BPS Jawa Timur berbagai tahun. Untuk mempermudah penulis dalam menganalisis penelitian ini menggunakan dummy variabel berupa infrastruktur yaitu sebelum adanya Jembatan Suramadu dan sesudah adanya Jembatan Suramadu. Dari hasil analisis menggunakan regresi panel diperoleh hasil bahwa variabel Infrastruktur berpengaruh positif terhadap kemiskinan di Madura, yang berarti setelah dibangunnya Jembatan Suramadu kemiskinan di Pulau Madura menurun. Variabel pendidikan berpengaruh negatif terhadap kemiskinan di Pulau Madura, yang artinya bila pendidikan tinggi maka kemiskinan akan menurun.Sedangkan variabel pengangguran tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Pulau Madura.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: YAYU PUTRI SENJANI, S.E., M.SC.
Uncontrolled Keywords: Presentase Kemiskinan, Jembatan Suramadu, Pengangguran, Pendidikan
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 May 2018 09:46
Last Modified: 07 May 2018 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30067

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum