KONSTRUKSI CITRA DIRI DI MEDIA SOSIAL (STUDI TERHADAP SANTRI PENGGUNA INSTAGRAM DI PP. NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)

MUHAMMAD NUR, NIM. 12720031 (2018) KONSTRUKSI CITRA DIRI DI MEDIA SOSIAL (STUDI TERHADAP SANTRI PENGGUNA INSTAGRAM DI PP. NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI CITRA DIRI DI MEDIA SOSIAL (STUDI TERHADAP SANTRI PENGGUNA INSTAGRAM DI PP. NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA))
12720031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI CITRA DIRI DI MEDIA SOSIAL (STUDI TERHADAP SANTRI PENGGUNA INSTAGRAM DI PP. NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA))
12720031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Teknologi komunikasi telah mengalami beragam inovasi seiring dengan pesatnya kemajuan zaman di era globalisasi saat ini, ruang komunikasi publik lebih sering hadir di ruang siber (cyberspace). Internet menjadi medium yang memiliki signifikansi terhadap lahirnya beragam variasi media teknologi komunikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Media sosial Instagram sebagai salah satu jejaring sosial yang begitu populer di kalangan generasi muda saat ini tidak terkecuali di kalangan santri. Media ini memberikan ruang untuk berekspresi melalui visualisasi citra yang berupa penampilan diri yang dapat diunggah oleh penggunanya untuk di sebarluaskan kepada khalayak pengguna lain. Instagram merupakan ruang artifisial, yang telah menjadi fakta interaksi sosial masa kini. Instagram yang telah dinikmati di kalangan santri menjadi ruang yang begitu impresif untuk mengkonstruksikan citra dirinya secara bebas sesuai dengan kehendak pengguna. Berdasarkan fakta sosial di atas terdapat dua permasalahan dalam penelitian ini, yakni bagaimana santri di pondok pesantren Nurul Ummah mengkonstruksikan citra dirinya ke dalam media sosial Instagram dan bagaimana santri memaknai konstruksi citra diri di media sosial Instagram. Penelitian ini termasuk dalam jenis deskriptif kualitatif dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Metode yang digunakan untuk menganalisis data kualitatif melalui reduksi data, pemilahan data, kategorisasi data dan penarikan atas kesimpulan. Teori yang digunakan sebagai rujukan analisis dalam penelitian ini adalah teori dramaturgi Erving Goffman yang diformulasikan melalui konstruksi front stage dan back stage. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa santri pengguna Instagram di pondok pesantren Nurul Ummah mengkonstruksi citra dirinya di panggung depan (front stage) yang meliputi tiga unsur, yakni self performance, social identity, dan audience, di wilayah ini santri berusaha menampilkan diri sebaik dan semaksimal mungkin di media sosial Instagramnya dengan merepresentasikan diri sebagai pribadi muslim yang religius dan inklusif. Di panggung belakang (back stage) santri berusaha menyembunyikan untuk tidak menampilkan kepribadianya yang dianggap buruk ke dalam media sosial instagram, hal ini pengguna menganggapnya sebagai privasi yang harus disembunyikan. Adapun pemaknaan citra diri santri ke dalam media sosial instagram dimaknai pengguna sebagai ajang eksistensi diri dan sarana mencari popularitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Mochammad Sodik, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Santri, Konstruksi, Instagram, Citra Diri
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 May 2018 06:52
Last Modified: 08 May 2018 06:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30080

Actions (login required)

View Item View Item