PANDANGAN BURUH GENDONG PEREMPUAN LANJUT USIA TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL PAGUYUBAN SAYUK RUKUN PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA

AYU PUTRI DEWAYANTI, NIM. 13720015 (2018) PANDANGAN BURUH GENDONG PEREMPUAN LANJUT USIA TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL PAGUYUBAN SAYUK RUKUN PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN BURUH GENDONG PEREMPUAN LANJUT USIA TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL PAGUYUBAN SAYUK RUKUN PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA)
13720015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN BURUH GENDONG PEREMPUAN LANJUT USIA TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL PAGUYUBAN SAYUK RUKUN PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA)
13720015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pandangan buruh gendong perempuan lanjut usia terhadap solidaritas sosial yang terdapat di Paguyuban Sayuk Rukun Pasar Beringharjo Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi karena di Pasar Beringharjo Yogyakarta terdapat buruh gendong perempuan lanjut usia yang menyediakan jasa mengangkut barang dari satu tempat ke tempat tujuan sesuai kesepakatan antara pengguna jasa dan buruh gendong. Walaupun sudah lanjut usia, mereka tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi tanpa menggantungkan hidup pada orang lain. Karena perasaan senasib dan kesamaan pekerjaan, buruh gendong perempuan lanjut usia mengikuti Paguyuban Sayuk Rukun. Dalam paguyuban tersebut terdapat kegiatan bagi para buruh gendong sehingga diantara mereka muncul solidaritas sosial. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti secara mendalam terkait dengan solidaritas sosial yang ada di Paguyuban Sayuk Rukun Pasar Beringharjo Yogyakarta. Fokus penelitian ingin mengetahui bagaimana pandangan buruh gendong perempuan lanjut usia terhadap solidaritas sosial Paguyuban Sayuk Rukun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data utama adalah buruh gendong perempuan lanjut usia yang mengikuti Paguyuban Sayuk Rukun di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Wawancara dilakukan kepada 9 informan utama yang terdiri dari 5 buruh gendong perempuan lanjut usia dengan kriteria yang bisa berbahasa Indonesia dan dapat memberikan informasi dengan baik dan jelas, 1 pemilik kios sekaligus pengguna jasa buruh gendong, dan 3 orang petugas Dinas Pengelolaan Pasar Beringharjo Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya kegiatan dari Paguyuban Sayuk Rukun yang bersifat mendampingi dan memfasilitasi dalam bentuk berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi mereka, buruh gendong perempuan lanjut usia merasa senang dan terbantu. Mereka beranggapan bahwa adanya perasaan senasib dan kesamaan dalam aktivitas pekerjaan menumbuhkan solidaritas sosial di Paguyuban Sayuk Rukun sehingga mereka melakukan kegiatan paguyuban dengan rasa senang, gotong royong, dan kekeluargaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.d
Uncontrolled Keywords: Buruh Gendong, Lanjut Usia, Paguyuban, Pasar Beringharjo, Solidaritas
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 May 2018 07:02
Last Modified: 08 May 2018 07:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30087

Actions (login required)

View Item View Item