PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DENGAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2011-2015

BAHRI ILHAM ABDURRASYID, NIM. 11391003 (2018) PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DENGAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2011-2015. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DENGAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2011-2015)
11391003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DENGAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2011-2015)
11391003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen laba didasari oleh teori keagenan yang menggambarkan konsep model kontraktual antara manajer sebagai agent dan investor sebagai principal. Penelitian ini menguji pengaruh manajemen laba terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dengan mekanisme corporate governance sebagai pemoderasi. Ukuran komite audit, jumlah dewan komisaris, dan kepemilikan saham mayoritas adalah proksi dari corporate governance. Pengujian menggunakan data yang diperoleh dari seluruh perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) selama periode 2011-2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanative. Jumlah populasi perusahaan yang terdaftar di JII selama periode 2011-2015 adalah 15 perusahaan yang diperoleh dengan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan yaitu dengan pengumpulan data sekunder yang datanya didapat dan diperoleh dari sumber pojok bursa BEI UKDW. Alat pengujian data menggunakan aplikasi software Eviews 8. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen laba terbukti tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Ukuran komite audit, jumlah dewan komisaris, dan kepemilikan saham mayoritas terbukti tidak mampu memoderasi hubungan manajemen laba terhadap pengungkapan CSR. Implikasi temuan penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di JII layak dipertimbangkan sebagai perusahaan yang sudah sesuai dengan syariah islam karena minimalnya praktik manajemen laba. Variabel manajemen laba, corporate governance, serta hasil interaksi keduanya dapat menjelaskan luas pengungkapan CSR pada perusahaan yang terdaftar di JII selama periode 2011-2015 sebesar 41,94%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sunarsih, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen laba, corporate social responsibility, corporate governance, ukuran komite audit,kepemilikan saham mayoritas, Jakarta Islamic Index
Subjects: Keuangan Islam
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Muchti Nurhidaya
Date Deposited: 14 May 2018 02:40
Last Modified: 14 May 2018 02:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30097

Actions (login required)

View Item View Item