ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR

Munastiwi, Erni (2012) ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin. Prosiding . JURUSAN PENDIDIKAN TEKNJK MESJN FAKULTAS TEKNJK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, Yogyakarta, pp. 178-186. ISBN 2086-8987

[img]
Preview
Text (ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR)
Erni Munastiwi - ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh secara simultan implementasi model pembe!ajaran multi media berbasis web terhadap motivasi belajar peserta didikf siswa pada mala pelajamn kewirausahaan, dan (2) dampak implementasi model pembelajaran multi media berbasis web terhadap motivasi belajar pesrta didikl siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan (TKJ) A Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pundong. Sampel adalah himpunan atau bagian dari unit populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, yaitu peneliti telah menyusun krit~;Jia-kriteria yang digunakan dalam pengambilan sampel. Kriteria tersebut meliputi siswa kela :o:- ~1 TKJ A yang berjenis kelamin pria dan wanita. Peneliti menggunakan kriteria ini dikarenak:m siswa kelas XI TKJ A merupakan siswa yang mempunyai prestasi lebih baik dibandingkan siswa kelas XI lainnya. Teknik analisa data meliputi uji normalitas menggunakan teknik Ko/mogorov Smirnov, ana!isis regresi linier berganda untuk mencari pengaruh, dan hubungan dari beberapa variabel independen terhadap variabel dependen, uji F statistik untuk mencari pengaruh dari variabel independen yang digunakan secara bersama-sama (simultan) terhadap variabel dependen, koefisien determinasi .digunakan untuk mengukur seberapa besar variasi perubahan variabel dependen yang mampu dijelaskan oleh variabel independen dalam model, uji asumsi klasik: model regresi yang baik adalah model regresi yang menghasilkan estimator linier tidak bias ( Best Linier Unbias Estimator/ BLUE). Kondisi ini akan terjadi jika dipenuhi beberapa asumsi, yang disebut dengan asumsi klasik terdiri a. multikolinearitas artinya antar variabel independen yang terdapat dalam model memiliki hubungan yang sempurna; b. heteroskedastisitas: artinya varians variabel dalam model tidak sama (konstan); c. otokorelasi: artinya adanya korelasi antar anggota sampel yang diurutkan berdasarkan waktu. Penyimpangan asumsi biasanya muncul pada observasi yang menggunakan time series. Cara lain untuk mendeteksi adanya otokorelasi dalam model dan lebih akurat menggunakan Uji Lagrange Multiplier. Jika hasil analisis · selanjutnya masih terdapat otokorelasi, maka pemerkira OLS (Ordinary Least Square) masih mempunyai sifat tidak bias dalam sampling yang terulang. Kondisi masih konsisten artinya sampel makin membesar (n menuju tidak terhingga) pemerkira akan mendekati parameter. Sebagaimana halnya heteroskedastisitas dalam hal terjadi otokorelasi, maka pemerkira tidak lagi efisien baik dalam sampel besar maupun sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran multimedia berbasis web berpengaruh secara simultan dan berdampak positif karena peserta didikl siswa dapat memperoleh pengetahuan, memecahkan masalah, mengubah perilaku/ sikap, mempertajam keahlian interpersonal, dan dapat memelihara pengetahuan. Oleh karena itu, pembelajaran multimedia berbasis web seharusnya mulai dikenalkan dan dimplementasikan di sekolah, sebab dapat meningkatkan kompetensi. Dengan demikian dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Kata kunCi: pembelajaran, multimedia, motivasi

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, teknik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Sains
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:30
Last Modified: 09 Jul 2018 04:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30109

Actions (login required)

View Item View Item