KONSEP ANAK DALAM Al-QUR'AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA

Santi Awaliyah NIM: 03470633, (2009) KONSEP ANAK DALAM Al-QUR'AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP ANAK DALAM Al-QUR'AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP ANAK DALAM Al-QUR'AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)

Abstract

Islam memberi perhatian yang serius perihal pendidikan anak. Ini terlihat dari beragam term yang digunakan Al-Qur'an untuk menunjukkan makna anak dengan berbagai macam derivasinya seperti zurriyah, ibn, walad, athfal, shabiy, aqrab, asbath, ghulam, thifl, nasl, rabaib, dan ad'iya'akum. Sebagai pembatas kajian, penelitian ini menganalisis konsep anak dalam Al-Qur'an dan relevansinya terhadap pendidikan anak dalam keluarga. Data yang dipakai dalam penelitian ini selain Al-Qur'an sendiri sebagai data utama, juga tafsir, buku, makalah, jurnal atau hasil pemikiran dan penelitian lainnya yang memiliki relevansi strategis dengan penelitian ini. Dengan menggunakan metode tematik, penulis berupaya menemukan konsepsi anak dalam Al-Qur'an menurut ayat-ayat yang berbicara tentang anak. Dalam metode ini ayat-ayat Al-Qur'an yang mempunyai maksud yang sama, dalam arti sama-sama membicarakan satu topik masalah, dihimpun kemudian diberi keterangan dan penjelasan. Ayat-ayat Al-Qur'an yang membahas konsep anak terlebih dahulu diidentifikasi, baru kemudian ditelusuri maknanya menurut penafsiran sejumlah mufasir yang dipilih secara acak sesuai dengan kebutuhan penelitian. Setelah melakukan eksplorasi secara mendalam, diketahui bahwa konsep anak dalam Al-Qur'an memiliki implikasi positif terhadap pendidikan anak. Konsep anak yang disebut dengan berbagai istilah, ternyata mengandung maksud tertentu. Dalam kaitannya dengan pendidikan anak, penelitian ini menemukan bahwa penting untuk memperhatikan fase perkembangan, baik materi maupun immateri anak, untuk kelangsungan proses pendidikan, sehingga dibutuhkan metode pendidikan tertentu sesuai dengan fase perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: Konsep Anak, Al-Qur'an, Implikasi, Pendidikan Islam, Keluarga
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 10 Sep 2012 13:54
Last Modified: 16 Mar 2017 02:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3012

Actions (login required)

View Item View Item