TUGAS AKHIR PENERAPAN LEAN MANUFACTURING DAN USULAN PERBAIKAN PROSES KERJA UNTUK MEMINIMASI PEMBOROSAN (WASTE) PADA PRODUKSI BATU BATA POTORONO

MUHAMMAD LUTHFI MUSTOFA, NIM. 12660015 (2018) TUGAS AKHIR PENERAPAN LEAN MANUFACTURING DAN USULAN PERBAIKAN PROSES KERJA UNTUK MEMINIMASI PEMBOROSAN (WASTE) PADA PRODUKSI BATU BATA POTORONO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TUGAS AKHIR PENERAPAN LEAN MANUFACTURING DAN USULAN PERBAIKAN PROSES KERJA UNTUK MEMINIMASI PEMBOROSAN (WASTE) PADA PRODUKSI BATU BATA POTORONO)
12660015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR PENERAPAN LEAN MANUFACTURING DAN USULAN PERBAIKAN PROSES KERJA UNTUK MEMINIMASI PEMBOROSAN (WASTE) PADA PRODUKSI BATU BATA POTORONO)
12660015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

UKM memiliki peran yang besar dalam menyokong perekonomian di daerah terbukti pada saat krisis moneter di tahun 1997 bisnis UMKM justru tetap kokoh dan menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Bisnis UKM yang umum dimasyarakat Indonesia adalah batu bata dan salah satunya berada di Yogyakarta tepatnya di daerah Potorono. Sentra batu bata di Potorono masih menggunakan metode konvensioanl untuk mencetak batu bata. Proses pencetakan dengan metode tersebut banyak menimbulkan pemborosan yang terjadi. Pemborosan yang terjadi di analisis dengan menggunakan beberapa metode di antaranya Value Stream Mapping, Fishbone, Analisis 7 Waste, dan Future State Mapping. Berdasarkan aliran material menggunakan value stream mapping menunjukan terjadi pemborosan di beberapa aktivitas. Pemborosan tersebut di antaranya adalah waiting, overtransportation, overprocess, dan defect. Pemborosan terjadi disebabkan oleh proses pengeringan masih mengandalkan panas matahari, adanya jarak antara tempat pencetakan dengan material, tempat pencetakan tidak rata, dan penataaan dilakukan secara betumpuk. Berdasarkan analisis 7 waste beberapa usulan perbaikan diberikan untuk meminimasi pemborosan yang terjadi yaitu dengan menata ulang tata letak fasilitas atau menambahkan alat bantu angkong, meratakan tempat pencetakan, menambahkan rak, dan menambahkan alat bantu pengering yaitu kompor biomasa. Alternatif usualan perbaikan yang lain adalah menambahkan alat bantu rak yang telah didesain dengan metode scoring concept. Setelah diberikan usulan perbaikan analisis dilanjutkan dengan future state mapping. Hasil analisis dengan PCE dengan VSM diperoleh nilai PCE sebesar 2,5%. Setelah dilakukan analisis pemborosan yang terjadi kemudian digambar ulang menggunakan future state mapping dan diperoleh nilai PCE sebesar 96,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Trio Yonthan Teja Kusuma, M.T.
Uncontrolled Keywords: lean manufacturing, waste, value stream mapping, fishbone,7 waste
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Jul 2018 02:57
Last Modified: 17 Jul 2018 02:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30149

Actions (login required)

View Item View Item