NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FILM KARTUN ISLAMI UPIN DAN IPIN (Kajian Materi dan Metode Pendidikan Fikih Pada Anak Usia Sekolah Dasar)

Siti Fatimatu Zahro NIM : 05410107, (2009) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FILM KARTUN ISLAMI UPIN DAN IPIN (Kajian Materi dan Metode Pendidikan Fikih Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FILM KARTUN ISLAMI UPIN DAN IPIN (Kajian Materi dan Metode Pendidikan Fikih Pada Anak Usia Sekolah Dasar))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3092Kb)
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FILM KARTUN ISLAMI UPIN DAN IPIN (Kajian Materi dan Metode Pendidikan Fikih Pada Anak Usia Sekolah Dasar))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (427Kb)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa orang tua maupun pendidik kadang merasa kesulitan dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia sekolah dasar terutama dalam hal ibadah atau pendidikan fikih, ini yang menyebabkan banyak para orang tua maupun pendidik merasa gagal dalam mendidik anak (peserta didik). Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah materi pendidikan fikih apa saja yang terdapat dalam film kartun Islami Upin dan Ipin, metode pendidikan fikih apa saja yang terdapat dalam film kartun Islami Upin dan Ipin serta kontribusinya film kartun Islami Upin dan Ipin terhadap pembelajaran fikih. Penelitian ini bertujuan untuk menuturkan, menganalisis dan mengklasifikasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam film kartun Islami Upin dan Ipin dengan memfokuskan pembahasan pada materi dan metode pendidikan fikih serta kontribusinya dalam pembelajaran fikih anak usia Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penyampaian materi dan metode pendidikan fikih pada anak usia Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian study pustaka (Library Reserch), dengan mengambil objek film kartun Islami Upin dan Ipin, dengan sasaran para orang tua dan pendidik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik dan didukung dengan teori sastra semiotika. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan Content Analisyis (Analisis Isi) atau analisis dokumen, dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Materi pendidikan fikih dalam film kartun Islami Upin dan Ipin antara lain adalah shalat (shalat tarawih dan kewajiban shalat), puasa (pengertian puasa, kewajiban berpuasa, tidak berlebihan dalam berbuka puasa, puasa dengan ikhlas, larangan wanita haid berpuasa, hilal dan lailatul qodar), dan zakat (penyerahan zakat, kewajiban membayar zakat dan penerima zakat). 2) Metode pendidikan fikih dalam film kartun Islami Upin dan Ipin, meliputi: metode tanya jawab, metode ceramah, metode pemberian tugas, metode pemberian reward (hadiah), metode pemberian hukuman, metode uswah hasanah (keteladanan), metode pembiasaan, metode nasihat (mauidzah), metode targhib dan tarhib (bujukan dan ancaman). 3) Kontribusi film kartun Islami Upin dan Ipin dalam pembelajaran fikih yaitu: materi dan metode yang digunakan dalam film kartun tersebut dapat dijadikan pertimbangan para orang tua maupun pendidik dalam menyampaikan materi fikih, dan bahasa yang digunakan dalam film kartun tersebut juga dapat dijadikan sebagai acuan/contoh para orang tua maupun pendidik dalam mendidik anak, sehingga dapat mencapai hasil sesuai dengan yang diinginkan yaitu menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mujahid, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Film Kartun Islami, Upin dan Ipin
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2012 13:06
Last Modified: 11 Sep 2012 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3015

Actions (login required)

View Item View Item