PENJADWALAN FLOW SHOP N JOBM MACHINE DENGAN METODE METAHEURISTIK SIMULATED ANNEALING

MUHAMMAD ALDIEN IMANULLAH, NIM. 12660035 (2017) PENJADWALAN FLOW SHOP N JOBM MACHINE DENGAN METODE METAHEURISTIK SIMULATED ANNEALING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENJADWALAN FLOW SHOP N JOBM MACHINE DENGAN METODE METAHEURISTIK SIMULATED ANNEALING)
12660035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENJADWALAN FLOW SHOP N JOBM MACHINE DENGAN METODE METAHEURISTIK SIMULATED ANNEALING)
12660035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penjadwalan flow shop n job m mesin dengan pendekatan metode Metaheuristik Simulated Annealing (SA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui performansi dari metode metaheuristik Simulated Annealing dalam menyelesaikan permasalahan penjadwalan flow shop. Dalam penelitian ini data waktu proses yang digunakan merupakan data random yang dibangkitkan oleh komputer dengan software MATLAB 8.1. Kombinasi jumlah job dan mesin yaitu 4 job dan 2 machine. Penelitian ini melakukan dengan tahap perhitungan dengan metode Simulated Annealing. Parameter yang digunakan yaitu Efficiency Index (EI), Relative Error (RE), run time, dan makespan rata-rata. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa nilai yang didapat dari metode Simulated Annealing pada parameter yang digunakan seperti nilai Efficiency Index (EI) didapat dengan hasil 0,90770. Pada nilai Relative Error (RE) didapat dengan hasil 10,16% dengan run time 0,0023 detik. Makespan rata-rata yang didapat pada metode Simulated Annealing ini adalah sebesar 33,81 time unit. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa metode metaheuristik Simulated Annealing memiliki performansi yang baik dalam permasalahan penjadwalan flow shop dengan run time yang paling cepat dibandingkan dengan metode yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dwi Agustina Kurniawati, S.T, M.Eng, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan, flow shop, Simulated Annealing, run time, efficiency index, relative error, makespan rata-rata
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Jul 2018 11:14
Last Modified: 17 Jul 2018 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30150

Actions (login required)

View Item View Item