ANALISIS PERAWATAN MESIN DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DAN MAINTENANCE VALUE STREAM MAP (MVSM) DI CV. BONJOR JAYA

YUSRUL FATA, NIM. 13660019 (2018) ANALISIS PERAWATAN MESIN DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DAN MAINTENANCE VALUE STREAM MAP (MVSM) DI CV. BONJOR JAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERAWATAN MESIN DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DAN MAINTENANCE VALUE STREAM MAP (MVSM) DI CV. BONJOR JAYA)
13660019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERAWATAN MESIN DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DAN MAINTENANCE VALUE STREAM MAP (MVSM) DI CV. BONJOR JAYA)
13660019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kebutuhan akan nilai produktivitas mesin yang tinggi menjadi sebuah tuntutan perusahaan. CV. Bonjor Jaya Klaten memiliki salah satu kendala atau permasalah walaupun sudah menggunakan system preventif dan corrective. Permasalah tersebut disebabkan belum terencana dan tidak adanya Standard Operatsional Prosedure (SOP) pada bagian maintenance untuk mengatasi kerusakan mesin bubut L-3 dan menyebabkan meningkatkan nilai downtime.Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan penerapan SOP dan pemilihan tindakan perawatan yang sesuai menggunakan pendekatan RCM dan MVSM. System yang terpilih diantara keseluruhan produk yang dihasilkan, terdapat satu buah produk pulley B5-7 dan mengalami downtime paling lama yakni selama 11 jam dalam waktu kurun waktu mulai April 2017 hingga Oktober 2017. RCM terdiri dari FMEA, pareto, LTA dan decision worksheet RCM, sedangkan untuk MVSM menggambarkan aktivitas perawatan. Berdasarkan analisis pareto diketahui bahwan komponen kritis dai mesin bubut l-3 adalah pisau pahat, bor, baut pengencang pahat, platina handle, dynamo, v-belt. Hasil dari pengolahan data analisis kategori kegagalan LTA mesin bubut yaitu pisau pahat (A), Platina handle (A), Dinamo (B), V-belt (B), Bor (C), Baut pengencang pahat (C). Hasil dari pengolahan decision worksheet RCM didapat usulan yakni tindakan yang sesuai untuk perawatan komponen kritis. SOP untuk perawatan saat ini ditujukan pada operasi system bubut L-3 sebagai masukan untuk perusahaan dengan hasil yang lebih signifikan terhadap perawatan saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina Kurniawati, S.T., M.Eng.
Uncontrolled Keywords: RCM, MVSM, pareto, LTA, decision worksheet RCM, SOP.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Jul 2018 10:13
Last Modified: 18 Jul 2018 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum