PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN ALAT MEDIS HABIS PAKAI MENGGUNAKAN METODE HYBRID SYSTEM DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

RIKI DARWIS, NIM. 13660024 (2017) PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN ALAT MEDIS HABIS PAKAI MENGGUNAKAN METODE HYBRID SYSTEM DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN ALAT MEDIS HABIS PAKAI MENGGUNAKAN METODE HYBRID SYSTEM DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
13660024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN ALAT MEDIS HABIS PAKAI MENGGUNAKAN METODE HYBRID SYSTEM DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
13660024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang bersifat sosioekonomi yang berarti meskipun rumah sakit memberikan pelayanan yang bersifat sosial, tetapi juga harus mendapatkan keuntungan yang bersifat fianasial. Sebagian besar, keuntungan finansial yang didapat oleh rumah sakit didapatkan dari logistik farmasi. Karena peran bagian farmasi sangat penting, maka perlu adanya pengelolaan yang baik supaya tidak terjadi kekurangan (stockout) maupun kelebihan (overstock) yang akan mempengaruhi terhadap biaya pengendalian persediaan farmasi yang didalamnya termasuk alat medis habis pakai. Penelitian ini dilakukan di RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta dengan objek alat medis habis pakai di gudang farmasi. Penelitian dimulai dengan analisis ABC-VED untuk mengklasifikasikan alat berdasarkan tingkat penyerapan dana dan tingkat kritis ketersediaaannya. Untuk kebijakan persediaan dicari dengan metode Hybrid System. Kemudian melakukan perbandingan biaya aktual dengan biaya usulan metode Hybrid System. Berdasarkan analisis alat dibagi menjadi 3 tingkatan prioritas manajemen, prioritas I 99 alat, prioritas II 85 alat, prioritas III 28 alat. Berdasarkan perhitungan didapatkan bahwa total biaya yang dikeluarkan dengan usulan metode Hybrid System sebesar Rp.3.340.528,33 dan terjadi penghematan sebesar 24.324.321,95 dari total biaya aktual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Cahyono Sigit Pramudyo, S.T., M.T.,
Uncontrolled Keywords: alat medis habis pakai, persediaan, analisis ABC-VED, Hybrid System
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Jul 2018 03:27
Last Modified: 18 Jul 2018 03:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30167

Actions (login required)

View Item View Item