PENERAPAN LEAN MANUFACTURING UNTUK MENGURANGI WASTE PADA PRODUK MESIN PENGUPAS BAWANG (STUDI KASUS DI CV. RUMAH MESIN)

YOGA RIZKY PRATAMA, NIM. 13660048 (2018) PENERAPAN LEAN MANUFACTURING UNTUK MENGURANGI WASTE PADA PRODUK MESIN PENGUPAS BAWANG (STUDI KASUS DI CV. RUMAH MESIN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN LEAN MANUFACTURING UNTUK MENGURANGI WASTE PADA PRODUK MESIN PENGUPAS BAWANG (STUDI KASUS DI CV. RUMAH MESIN))
13660048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN LEAN MANUFACTURING UNTUK MENGURANGI WASTE PADA PRODUK MESIN PENGUPAS BAWANG (STUDI KASUS DI CV. RUMAH MESIN))
13660048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Ketatnya persaingan dalam dunia industri semakin memacu perusahaan manufacturing untuk meningkatkan terus menerus hasil produksinya dalam bentuk kualitas, harga, jumlah produksi, pengiriman tepat waktu, dengan tujuan yang lebih nyata adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir pemborosan-pemborosan yang terjadi pada CV. Rumah Mesin khususnya pada pembuatan produk mesin pengupas bawang melalui pendekatan Lean Manufacturing. Pada penelitian ini menggunakan tools Value Stream Mapping, Fishbone Diagram, Diagram Pareto, dan Failure Mode and Effect Analysi. Pada Value Stream Mapping didapatkan perbandingan VA:NVA:NNVA sebesar 32,96 % : 64,74 % : 2,29 %.Pada hasil tersebut tentunya dapat diketahui bahwa NVA sangat mendominasi sehingga masih banyak ditemukan aktivitas yang tidak bernilai tambah. Lalu dilakukan penyebaran kuesioner kepada karyawan yang terlibat pada pelayanan langsung sehingga didapat probabilitas waste apa saja yang paling sering terjadi untuk kemudian dieliminasi menggunakan Diagram Pareto dan dianalisis akar penyebab masalahnya menggunakan Fishbone Diagram. Selanjutnya identifikasi dilakukan dengan menggunakan Failure Mode and Effect Analysis dan diperoleh nilai RPN tertinggi yaitu 294 pada Excess Processing. Berdasarkan hasil RPN tertinggi maka diberikan usulan perbaikan pada waste Excess Processing yaitu penambahan satu orang karyawan yang sudah berpengalaman untuk di tugaskan dalam proses inspeksi, pelabelan pada jenis-jenis material agar mudah untuk di idetifikasi, penempatan tools sejenis di satu area agar mudah untuk digunakan, penyortiran antara bahan yang masih digunakan dengan bahan sisa yang sudah tidak digunakan, penambahan penerangan dan ventilasi pada area produksi, serta penerapan 5 R yakni Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Kifayah Amar, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Lean Manufacturing, VSM, Diagram Pareto, Fishbone Diagram, FMEA, RPN
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:01
Last Modified: 18 Jul 2018 04:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30177

Actions (login required)

View Item View Item