PENGUJIAN USABILITAS DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION PADA SISTEM EVENT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Muhammad Aldila, 11650006 (2017) PENGUJIAN USABILITAS DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION PADA SISTEM EVENT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGUJIAN USABILITAS DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION PADA SISTEM EVENT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
11650006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (42MB) | Preview
[img] Text (PENGUJIAN USABILITAS DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION PADA SISTEM EVENT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
11650006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sistem event merupakan sistem informasi yang dibuat oleh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga untuk mempermudah universitas mengelola acara atau kegiatan yang berada di UIN Sunan Kalijaga, serta mempermudah mahasiswa dalam memperoleh informasi dan mendaftar acara yang diselenggarakan di UIN. Sistem event termasuk sistem baru dan masih dalam pengembangan hingga saat ini, sehingga masih belum banyak civitas akademik di UIN Sunan Kalijaga yang mengetahui tentang sistem ini. Dikarenakan hal tersebut, maka diperlukan suatu pengujian usabilitas untuk mengetahui bagaimana tingkat usabilitas dari sistem event. Metode Heuristic Evaluation merupakan metode pengujian usabilitas yang digunakan untuk mengidentifikasi masalah kegunaan pada desain antarmuka pengguna (UI). Metode ini diciptakan melalui penelitian yang dilakukan oleh Jacob Nielsen, dalam penelitiannya Nielsen membuat beberapa set indikator heuristik yang berfungsi sebagai alat ukur untuk mengetahui tingkat usabilitas suatu sistem yang dinamakan 10 prinsip umum untuk desain antarmuka. 10 prinsip tersebut, di dalam penelitian ini digunakan sebagai acuan dalam melakukan analisis dan melakukan pengujian terhadap sistem event. Berdasarkan hasil pengujian pada sistem event UIN Sunan Kalijaga menggunakan Heuristic Evaluation, didapatkan hasil bahwa 7 dari 10 set indikator nielsen sudah berjalan dengan baik yang terdiri dari indikator Visibility of system status, Match between system and the real world, Consistency and standards, Recognition rather than recall, Flexibility and efficiency of use, Aesthetic and minimalist design, dan Help users recognize, diagnose, and recover from errors. Kemudian 3 indikator sisanya masih belum berjalan dengan baik yang terdiri dari User control and freedom, Error prevention, dan Help and documentation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Agung Fatwanto, S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi event, usabilitas, Pengujian Usabilitas, Heuristic Evaluation, Jakob Nielsen, 10 prinsip umum untuk desain antarmuka.
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2018 09:03
Last Modified: 21 Sep 2018 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30199

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum