PENERAPAN STRATEGI LISTENING GROUP UNTUK MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB YANG KOMUNIKATIF ( Study Eksperiment di MTs Negeri Seyegan, Sleman)

SITI MA'MUROH NIM. 05420045, (2009) PENERAPAN STRATEGI LISTENING GROUP UNTUK MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB YANG KOMUNIKATIF ( Study Eksperiment di MTs Negeri Seyegan, Sleman). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI LISTENING GROUP UNTUK MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB YANG KOMUNIKATIF ( Study Eksperiment di MTs Negeri Seyegan, Sleman))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI LISTENING GROUP UNTUK MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB YANG KOMUNIKATIF ( Study Eksperiment di MTs Negeri Seyegan, Sleman))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi Listening Group dan tanpa menggunakan strategi Listening Group pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Seyegan, Sleman. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Seyegan,Sleman tahun Pelajaran 2008/2009 sebanyak 131 siswa. dalam penelitian ini diambil dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan Strategi Listening Group dan kelompok kontrol sebagai pembanding. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis deskriptif dengan menggunakan rumus tâ€Âtes†dari hasil analisis tersebut dihasilkan o t t t (2.511 1.674) dengan skor rata-rata untuk kelompok eksperimen yang menggunakan strategi Listening Group dalam pembelajaran bahasa Arab adalah sebesar 69.1862 dan skor rata-rata untuk kelompok kontrol tanpa menggunakan strategi Listening Group dalam pembelajaran bahasa Arab adalah sebesar 56.100. Karena o t (t observasi) lebih besar dari t t (t tabel) maka dinyatakan o H (Hipoesis Nihil) ditolak. Untuk persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas dengan rumus one kolomogorof-smirnov-z dan uji homogenitas dengan rumus analisis varian. Pada uji Normalitas terbukti data berdistribusi normal. Pada pre test kelompok eksperimen P bernilai 0.289 dan pada kelompok kontrol P bernilai 0.935 (P 0.05=normal). Sedangkan pada post test kelompok kesperimen P bernilai 0.568 dan pada kelompok control P bernilai 0.411 (P 0.05=normal). Pada uji homogenitas pre test terbukti homogen yang dibuktikan dengan besar h F t F (1.616 2.558). sedangkan pada uji homogenitas post test terbukti homogen yang dibuktikan dengan besar h F t F (1.631 2.558). Untuk pengujian instrument menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan rumus alpha. Dari analisis data terbukti seluruh instrument dinyatakan valid karena xy tabel r ≥ r (0.248). Instrumen tersebut juga dinyatakan reliable karena tabel r11 ≥ r ((0.884 0.244). Hasil penelitian menunjukkan :1) Strategi Listening Group dalam beljaar bahasa Arab. 2) Ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi Listening Group dan tanpa menggunakan Listening Group dalam rangka menciptakan pembelajaran bahasa Arab yang komunikatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Nazri Syakur, MA
Uncontrolled Keywords: Listening Group, Pembelajaran, Bahasa Arab, Komunikatif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:46
Last Modified: 04 Apr 2017 02:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3020

Actions (login required)

View Item View Item