FITOREMEDIASI DENGAN WETLAND SYSTEM DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR PRAKTIKUM DAUR ULANG LIMBAH KELAS X SMA/ MA

Putri Fajarwati, 12680025 (2018) FITOREMEDIASI DENGAN WETLAND SYSTEM DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR PRAKTIKUM DAUR ULANG LIMBAH KELAS X SMA/ MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FITOREMEDIASI DENGAN WETLAND SYSTEM DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR PRAKTIKUM DAUR ULANG LIMBAH KELAS X SMA/ MA)
12680025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (FITOREMEDIASI DENGAN WETLAND SYSTEM DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR PRAKTIKUM DAUR ULANG LIMBAH KELAS X SMA/ MA)
12680025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas tumbuhan eceng gondok, genjer dan semanggi sebagai fitoremediator dengan wetland system dalam pengolahan air limbah domestik, mengembangkan bahan ajar praktikum pengolahan air limbah menggunakan fitoremediasi dengan wetland system pada sub bab Daur Ulang Limbah untuk siswa kelas X SMA/MA dan mengetahui kualitas bahan ajar praktikum berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, peer reviewer, guru biologi dan siswa. Penelitian dibagi dalam dua tahap, yaitu penelitian fitoremediasi dengan wetland system dan penelitian pengembangan bahan ajar untuk mengemas hasil penelitian fitoremediasi dengan wetland system dalam bentuk bahan ajar praktikum. Pengembangan bahan ajar praktikum menggunakan model 4D (define, design, develop, dissemination) yang dibatasi sampai pada tahap develop tanpa dissemination. Penelitian fitoremediasi dengan wetland system dilakukan dengan mengukur parameter air limbah domestik (suhu, pH, TDS, DO, dan BOD) dan membandingkan hasilnya dengan hasil pengukuran parameter setelah dilakukan treatment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan genjer mampu meningkatkan kadar DO air limbah domestik sebesar 50% dan menurunkan kadar BOD sebesar 78%, tumbuhan semanggi mampu menurunkan kadar TDS sebesar 41,4% dan eceng gondok mampu menurunkan kadar BOD sebesar 54%. Hasil penelitian tersebut kemudian dikembangkan dalam bentuk bahan ajar praktikum pengolahan air limbah domestik untuk siswa kelas X SMA/ MA. Data kualitatif hasil validasi bahan ajar dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media dan 5 peer reviewer dan diujicobakan secara terbatas pada 2 guru biologi serta 20 siswa kelas X SMA/ MA. Hasil penilaan bahan ajar menunjukkan kualitas “baik” dengan persentase 79,3% oleh ahli materi; 77,5% oleh ahli media dan “sangat baik” dengan persentase 88,4% oleh peer reviewer, guru biologi sebesar 83,1% dan siswa sebesar 86,25%, buku panduan praktikum pengolahan air limbah domestik dapat digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, S.Si., M.A., M.IWM dan Muhamad Wisnu, M. Biotech
Uncontrolled Keywords: fitoremediasi, wetland system, air limbah domestik, buku panduan praktikum,
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Jul 2018 08:54
Last Modified: 31 Jul 2018 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum