Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Jalur Pendakian Gunung Api Purba Nglanggeran dan Pengembangan Bookletnya Untuk Sumber Belajar Mandiri

Iqbal Fajrin Averos, NIM. 12680033 (2018) Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Jalur Pendakian Gunung Api Purba Nglanggeran dan Pengembangan Bookletnya Untuk Sumber Belajar Mandiri. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Jalur Pendakian Gunung Api Purba Nglanggeran dan Pengembangan Bookletnya Untuk Sumber Belajar Mandiri)
12680033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Jalur Pendakian Gunung Api Purba Nglanggeran dan Pengembangan Bookletnya Untuk Sumber Belajar Mandiri)
12680033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis tumbuhan paku di jalur pendakian Gunung Api Purba Nglanggeran dan mengembangkan Booklet Tumbuhan Paku sebagai sumber belajar mandiri siswa serta mengetahui kualitas produk. Jenis penilitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan tiga tahapan penelitian. Penelitian pertama dimulai dengan pengambilan spesies dan proses identifikasi, penelitian kedua pengembangan produk dan penelitian ketiga uji coba produk. Produk dinilai dan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan 5 peer reviewer, serta dilakukan uji terbatas oleh 1 guru biologi dan 15 siswa MA Wahid Hasyim Sleman dengan metode angket. Hasil keanekaragaman tumbuhan paku yaitu 39 spesies tumbuhan paku dari 20 genus dalam 12 famili. Data kualitatif dari hasil penilaian dikonversi menjadi data kuantitatif. Kualitas produk menurut para penilai berkategori sangat baik, dengan persentase ideal penilaian dari para ahli, peer reviewer, guru biologi dan siswa berturut-turut 87,59%; 86,48%; 84,83%; dan 90,88 %. Dengan demikian, Booklet Tumbuhan Paku sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widodo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Booklet, Tumbuhan Paku, Sumber Belajar Mandiri
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2018 08:58
Last Modified: 07 Aug 2018 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30213

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum