Pengembangan Buku Panduan Lapangan Makroalga Berbasis Potensi Lokal Pantai di Gunung Kidul sebagai Bahan Ajar Alternatif untuk Siswa Kelas X SMA/MA

Suparyanto Aji, NIM. 12680034 (2018) Pengembangan Buku Panduan Lapangan Makroalga Berbasis Potensi Lokal Pantai di Gunung Kidul sebagai Bahan Ajar Alternatif untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Buku Panduan Lapangan Makroalga Berbasis Potensi Lokal Pantai di Gunung Kidul sebagai Bahan Ajar Alternatif untuk Siswa Kelas X SMA/MA)
12680034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Pengembangan Buku Panduan Lapangan Makroalga Berbasis Potensi Lokal Pantai di Gunung Kidul sebagai Bahan Ajar Alternatif untuk Siswa Kelas X SMA/MA)
12680034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Panduan Lapangan Makroalga Berbasis Potensi Lokal Pantai Gunung Kidul sebagai Bahan Ajar Alternatif untuk Siswa Kelas X SMA/MA dan mengetahui kelayakan buku yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri dari aspek materi, bahasa dan penyajian. Produk dinilai dan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, 5 peer reviewer dan 2 orang guru biologi. Uji terbatas produk oleh 15 siswa SMA kelas X SMAN 2 Playen dan SMAN 2 Wonosari. Analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Buku panduan lapangan makroalga berbasis potensi lokal pantai di Gunungkidul telah dikembangkan dengan model ADDIE. Kualitas produk termasuk kategori sangat baik (SB) dengan persentase 89,76% berdasarkan penilaian reviewer, peer reviewer, dan guru, sedangkan respon dari siswa termasuk sangat baik (SB) dengan persentase sebesar 90,20%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku panduan lapangan makroalga dapat digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas X pada materi pokok protista.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, M.A., M.IWM dan Lela Susilawati, S. Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Makroalga, Potensi Lokal, Pantai, Buku Panduan Lapangan, Bahan Ajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2018 08:58
Last Modified: 07 Aug 2018 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30214

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum