KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN

Downloads

Downloads per month over past year

SITI ROMLAH NIM. 05410155, (2009) KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3983Kb)
[img] Text (KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI SEYEGAN SLEMAN )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (175Kb)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh para pelajar, kepribadian mereka kacau dan tidak tersentuh oleh nilai-nilai Islam. Berbagai upaya internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dapat dilakukan dengan menjalin kerjasama yang baik oleh berbagai pihak. Yang menjadi permasalahan ini adalah bagaimana pelaksanaan kerjasama Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Pendidikan Agama Islam, apa bentuk usaha yang dilakukan, dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam kerjasama yang dilakukan sebagai upaya internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara kritis tentang kerjasama Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru pendidikan Agama Islam dalam upaya internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam serta faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan dalam upaya pencapaian tujuan madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Seyegan Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Guru Bimbingan dan Konseling amp; Guru Pendidikan Agama Islam. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menerapkan pola berpikir induktif. Analisis ini lebih merupakan pembentukan abstraksi berdasarkan bagian-bagian yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hubungan kerjasama antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Seyegan Sleman terjalin dengan menyadari dan memahami fungsi dan perannya masing-masing. Dalam prakteknya, Guru Bimbingan dan Konseling lebih banyak memberikan bimbingan melalui pendekatan psikologis, sedangkan Guru Pendidikan Agama Islam memberikan arahan melalui pendekatan keagamaan. Nilai-nilai yang diinternalisasikan adalah: Tauhid/Aqidah, Ibadah (meliputi hubungan dengan Allah, hubungan dengan sesama insan dan pemasrahan diri sendiri), Akhlak, serta Kemasyarakatan.(2) Bentuk-bentuk usaha yang dilakukan yakni: Usaha Preventif (formal dan informal),Usaha Preservatif, Usaha Kuratif. (3) Faktor pendukung: adanya kesadaran dari semua pihak untuk mendukung dan mengikuti berbagai kegiatan serta adanya mushala sekolah sebagai tempat dilaksanakannya berbagai kegiatan. Faktor penghambat: kurangnya kerjasama dengan masyarakat sekitar, keterbatasan koordinasi antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru Pendidikan Agama Islam, pihak madrasah hanya mampu memberikan bimbingan dan pengawasan selama siswa berada di madrasah serta kurangnya kesadaran sebagian siswa dalam mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Guru Bimbingan dan Konseling,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 13:27
Last Modified: 10 Sep 2012 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3022

Actions (login required)

View Item View Item