MANAJEMEN KONFLIK DALAM PERNIKAHAN BEDA AGAMA AHMAD NURCHOLIS DAN ANG MEI YONG (Perspektif Sosiologi Pengetahuan)

Tyas Amalia, 1520510042 (2017) MANAJEMEN KONFLIK DALAM PERNIKAHAN BEDA AGAMA AHMAD NURCHOLIS DAN ANG MEI YONG (Perspektif Sosiologi Pengetahuan). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KONFLIK DALAM PERNIKAHAN BEDA AGAMA AHMAD NURCHOLIS DAN ANG MEI YONG (Perspektif Sosiologi Pengetahuan))
1520510042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KONFLIK DALAM PERNIKAHAN BEDA AGAMA AHMAD NURCHOLIS DAN ANG MEI YONG (Perspektif Sosiologi Pengetahuan))
1520510042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pernikahan beda agama masih menjadi perdebatan yang sarat kontroversi sampai sekarang ini. Salah satu pelaku nikah agama yang fenomenal dan kontroversi pada tahun 2003 di Indonesia adalah Ahmad Nurcholish dan Ang Mei Yong. Oleh karena itu, fokus penelitian ini adalah ingin mengungkapkan pemikiran Ahmad Nurcholish dan Ang Mei Yong dan manajemen konflik mengenai nikah beda agama. Ahmad Nurcholish beragama Islam taat, dan juga Ang Mei Yong beragama Khonghucu. Bagi mereka pernikahan beda agama tidak menjadi persoalan yang harus diperdebatkan, melainkan harus dibangun dan dijaga dengan sebaik-baiknya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berorientasi pada kajian kepustakaan. Sumber data berupa tulisan-tulisan karya Ahmad Nurcholish yang berkenaan dengan tema yang dimaksud. Tulisan Ahmad Nurcholish kemudian dianalisis menggunakan pendekatan sosiologi pengetahuan dengan menggunakan teori kontruksi sosial dan manajemen konflik. Sebagai data pendukung, penulis menggunakan metode wawancara untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai pernihakan beda agama oleh Ahmad Nurcholis dan Ang Mei Yong. Selain itu, penelitian menggunakan metode dengan beberapa tahapan. Pertama, tahapan heuristik, kegiatan menemukan dan menghimpun sumber-sumber data. Kedua, deskriptif, data yang didapatkan dikumpulkan secara sistematis dengan teliti dan lengkap. Ketiga, interpretatif, kegiatan menafsirkan setiap pemikiran dengan cara merekontruksi data yang ada. Keempat, konklusi, menyimpulkan hasil penelitian berdasarkan data-data yang telah diperoleh dari bahan bacaan yang telah ada. Hasil penelitian ini memberikan tesis, bahwa pernikahan beda agama yang sampai sekarang masih sarat kontroversi, setidaknya memiliki beberapa pandangan menurut Ahmad Nurcholish dan Ang Mei Yong. Menurut mereka, pernikahan beda agama yang mereka jalani yaitu dengan cara mempertahankan keyakinan atau agama masing-masing tanpa sedikit pun ada keinginan mengajak untuk mengikuti keyakinan salah satu. Bahkan, anak-anak mereka juga diberikan kebebasan untuk memilih keyakinan sendiri. Pernikahan beda agama yang terpenting adalah saling menghormati dan menghargai sebagai pondasi utama. Di awal sebelum pernikahan, mereka membuat kesepakatan untuk saling menghormati keyakinan masing-masing. Cara untuk menghadapi konflik biasanya ada dua cara yang dilakukan. Pertama, mendiskusikan dengan cara mencari solusi terbaik. Kedua, jika dalam diskusi tidak ada titik temu, biasanya harus ada yang mengalah salah satunya. Untuk menangani nikah beda agama, menurut Ahmad Nurcholish ada 3 model yaitu, refleksi diri, minta saran orang terdekat, dan menghadirkan mediator. Pernikahan beda agama perlu membangun pola manajemen konflik yang setidaknya ada beberapa aspek yaitu, kompetisi, kolaborasi, kompromi, menghindar, dan mengakomodasi. Adapun proses eksternaliasi, internalisasi, dan objektivikasi, agar pondasi tersebut semakin kokoh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: H. Ahmad Muttaqin, S.Ag., M.Ag., MA., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Ahmad Nurcholih dan Ang Mei Yong, Nikah Beda Agama, Manajemen Konflik
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2018 02:05
Last Modified: 21 Sep 2018 02:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30225

Actions (login required)

View Item View Item