KONSEP FITRAH DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi terhadap Tafsīr al-Qur’ān al-‘Aẓīm karya Ibnu Kaṡīr)

Lu’lu’ Nurhusna, NIM. 1420431003 (2017) KONSEP FITRAH DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi terhadap Tafsīr al-Qur’ān al-‘Aẓīm karya Ibnu Kaṡīr). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP FITRAH DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi terhadap Tafsīr al-Qur’ān al-‘Aẓīm karya Ibnu Kaṡīr))
1420431003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP FITRAH DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi terhadap Tafsīr al-Qur’ān al-‘Aẓīm karya Ibnu Kaṡīr))
1420431003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

“Konsep Fitrah dalam Al-Qur’an dan Implikasinya terhadap Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini (Studi terhadap Tafsīr al-Qur’ān al-‘Aẓīm, karya Ibnu Kaṡīr)” Globalisasi neoliberal yang semakin intensif pada rentang dua dekade sejak 1980-an telah membawa perubahan-perubahan dalam bidang ekonomi dan sosial. Dalam keadaan pelik seperti ini, manusia senantiasa dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan baru secara terus-menerus dengan ketidakpastian, dan dengan unpredictability (ketidakmampuan untuk memperhitungkan apa yang terjadi), sementara pada saat yang sama manusia harus memposisikan nilai-nilai lama yang diidealkan sebagai panutan. Pada saat yang sama, telah jamak dipahami bahwa agama Islam telah memiliki konsep pendidikan manusia secara luas dan mendalam. Islam mampu menjelaskan kajian terhadap konsep fitrah manusia sejak dalam kandungan. Kajian terhadap konsep fitrah menjadi penting karena penulis menyadari bahwa sebuah situasi kemanusiaan kontemporer (khususnya di Barat, dan sampai pada batas tertentu telah menjalar ke Timur dan negara-negara dunia ketiga) terkait dengan pembahasan fitrah manusia telah dicemari oleh disekuilibrium rohani-rohani yang cukup parah. Pada titik ketika manusia membutuhkan pegangan hidup dalam kondisi keadaan zaman yang terimbas oleh globalisasi, pengkajian terhadap pendidikan hendaknya dikembalikan pada pengkajian terhadap al-Qur’an secara konseptual. Penulis berusaha untuk melakukan kajian terkait konsep fitrah dari penafsiran Ibnu Kaṡīr sebagai upaya untuk mencari jawaban dari hal tersebut. Secara mekanis, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan mengumpulkan dan mempelajari data-data meliputi dokumen atau arsip-arsip, catatan, transkrip, buku, majalah, dan sebagainya yang dianggap berhubungan dengan objek penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam karya tulis ini adalah deskriptif analitik. Selain mengkaji konsep fitrah manusia menurut Ibnu Kaṡīr dalam Tafsīr al-Qur’ān al-‘Aẓīm, penelitian ini juga menelaah implikasi konsep fitrah tersebut terhadap tujuan pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama yaitu konsep fitrah manusia menurut Ibnu Kaṡīr adalah pemikiran yang mendefinisikan seseorang memiliki sifat dasar baik dan buruk secara eksklusif. Pada titik ini, kebaikan dan keburukan manusia dipahami sebagai sifat yang perlu dibimbing oleh faktor eksternal yang sama pula. Jika sifat dasar ini lebih banyak dibimbing oleh faktor eksternal yang mengarahkan pada sifat-sifat ketuhanan, maka terbentuklah jati diri manusia yang baik; begitu pula sebaliknya. Kedua, tujuan pendidikan anak usia dini yang merupakan implikasi dari konsep fitrah adalah untuk (1) membentuk kepribadian Islam (syakhsiyyah Islamiyah), (2) membentuk peserta didik yang memahami eksistensinya sebagai abdullah yang senantiasa beribadah kepada-Nya, dan (3) mengembangkan keterampilan, fisik, dan sosial-emosional peserta didik sesuai dengan fitrahnya sebagai manusia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Fitrah, Tafsīr, Ibnu Kaṡīr, Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudlotul Athfal (S2)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Jul 2018 06:40
Last Modified: 19 Jul 2018 06:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30236

Actions (login required)

View Item View Item